HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan

Contoh Skripsi  Ekonomi ~ Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Institutional Ownership, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI)

Salah Satu Perusahaan Besar

Salah Satu Perusahaan Besar

Latar Belakang Skripsi 

Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai sebuah gagasan menjadikan perusahaan tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab yang berpijak pada single bottom line, yaitu nilai perusahaan (corporate value) yang direfleksikan dalam kondisi keuangannya (financial) saja. Tapi tanggung jawab perusahaan harus berpijak pada  triple bottom lines  yaitu juga memperhatikan masalah sosial dan lingkungan (Novita dan Djakman, 2008).

Menurut Haruman (2008), struktur kepemilikan oleh beberapa peneliti dipercaya mampu mempengaruhi jalannya perusahaan yang pada akhirnya berpengaruh pada kinerja perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu memaksimalkan nilai perusahaan.  Hal ini  disebabkan oleh karena adanya kontrol yang mereka miliki. Pasar modal diharapkan akan bereaksi positif ketika perusahaan dikelola oleh manajemen yang kompeten dan berkualitas atau perusahaan dimiliki oleh pemegang saham yang memiliki citra dan kredibilitas yang baik. Aspek kontrol yang dimiliki oleh pemilik perusahaan diharapkan akan dapat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan sehingga dapat mengoptimalkan nilai perusahaan.

 Rumusan Masalah Penelitian 

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dirumuskan pokok permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian adalah sebagai berikut.

  1. Apakah pengungkapan CSR berpengaruh terhadap nilai perusahaan?,
  2. Apakah  Institutional Ownership  berpengaruh terhadap nilai  perusahaan?,
  3. Apakah Leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan?
  4. Apakah Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan?

 Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh  corporate social responsibility disclosure, institutional ownership, leverage,  dan  ukuran perusahaan  terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Manufaktur yang tercatat di BEI tahun 2009, 2010, dan 2011.

 Kesimpulan Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan

Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 17 For Windows.

Dari hasil analisis data, pengujian hipotesis, dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

  1. Pengungkapan CSR  berpengaruh terhadap  nilai perusahaan  Hasil penelitian ini sesuai dengan hasil penelitian Wahyu Anita (2010).
  2. Institutional ownership  tidak berpengaruh  terhadap  nilai perusahaan.  Hasil Penelitian ini sesuai dengan penelitian  Irwanti (2010), Dian (2010), Wien (2010), dan Weir et al (2000).
  3. Leverage memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil ini mendukung hasil penelitian Wahyudi dan Pawestri (2006).
  4. Ukuran perusahaan  tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil Penelitian ini sesuai dengan penelitian Ben Naceur  dan  Coaied  (2002).

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat :

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370