HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Strategi Pemasaran Produk Asuransi Kredit

Contoh Skripsi Ekonomi ~ Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Asuransi Kredit Pada PT. Asuransi Jasa Indonesia Cabang Surakarta

Salah Satu Nama Perusahaan Asuransi

Salah Satu Nama Perusahaan Asuransi

Latar Belakang Skripsi :

Asuransi kredit mempunyai kaitan erat dengan jasa perbankan terutama dibidang perkreditan yang selalu dikaitkan dengan jaminan kredit berupa barang bergerak dan barang tidak bergerak yang sewaktu-waktu dapat tertimpa risiko yang dapat mengakibatkan kerugian bagi pemilik barang dan bank sebagai pemberi kredit.

Kredit adalah pinjaman uang yang diberikan oleh pemberi kredit (bank, lembaga keuangan) kepada nasabahnya, sejak kredit diberikan kepada nasabah, pemberi kredit oleh nasabah atau tidak diperolehnya kembali kredit tersebut dari nasabah sehingga pemberi kredit menderita kerugian,  untuk melindungi diri dari kemungkinan kerugian tersebut, pemberi kredit menutup asuransi atas kredit yang diberikannya kepada nasabah, dalam asuransi kredit yang tertanggung adalah pemberi kredit (bank, lembaga keuangan) dan yang ditanggung oleh penanggung adalah risiko kredit dimana tidak diperolehnya kembali kredit kepada para nasabahnya (yang umumnya terdiri atas para pengusaha).

 Rumusan Masalah Penelitian 

Berdasarkan urain latar belakang diatas, maka permasalahan yang  dapat dirumuskan adalah:

Bagaimana  strategi  pemasaran PT. Asuransi Jasa Indonesia kedepannya dalam menghadapi persaingan pasar  yang  dinamis dengan persaingan pasar lebih unggul dan lebih ketat.

Layanan Asuransi

Layanan Asuransi

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini  mempunyai  tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dan penerapan bauran promosi yang digunakan oleh PT. Asuransi Jasa Indonesia cabang  Surakarta dalam upaya untuk menawarkan produknya kepada nasabah. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan PT. Asuransi Jasa Indonesia cabang Surakarta dalam pemasaran produk dimasa mendatang agar dapat lebih baik dalam pengembangannya produknya.

Kesimpulan

Dari pembahasan yang telah dilakukan tentang beberapa pendekatan pemasaran dan strategi pemasaran yang diterapkan  pada  PT. Asuransi Jasa Indonesia Cabang Surakarta maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut;

1.  Strategi pemasaran yang diterapkan secara garis besar adalah: PT. Asuransi Jasa Indonesia dalam manajemen pemasarannya berpedoman terhadap proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu atau organisasi.

Perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya efisien menjalankan konsep pemasaran agar keuntungan yang diharapkan dapat terealisasi dengan baik, kegiatan yang menandakan bahwa pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasi dan dikelola dengan cara yang lebih baik. PT. Asuransi Jasa Indonesia mempunyai tiga faktor penting yang digunakan sebagai  dasar dalam konsep pemasaran:

a.  Orientasi konsumen.

b.  Koordinasi dan integrasi dalam perusahaan.

c.  Mendapatkan laba melalui pemuasan konsumen.

PT. Asuransi Jasa Indonesia dalam hal ini melakukan perumusan strategi merupakan proses penyusunan langkah-langkah ke depan yang dimaksutkan untuk membangun visi  dan misi organisasi, menetapkan tujuan strategis dan keuangan perusahaan, serta meranccang strategi untuk mencapai tujuan tersebut dalam rangka menyediakan  customer value terbaik, beberapa langkah yang perlu dilakukan perusahaan dalam merumuskan strategi, yaitu:

1)  Mengidentifikasi lingkungan yang akan dimasuki oleh perusahaan di masa depan dan menetukan misi perusahaan untuk mencapai visi yang dicita-citakan dalam lingkungan tersebut.

2)  Melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal untuk mengukur kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang akan dihadapi oleh perusahaan dalam menjalankan misinya.

3)  Merumuskan factor-faktor ukuran keberhasilan (key success factors) dan strategi-strategi yang dirancang berdasarkan analisis sebelumnya.

4)  Menentukan tujuan dan taret terukur, mengvaluasi berbagai alternatif strategi dengan mempertimbangkan sumber daya yang dimiliki dan kondisi eksternal yang dihadapi.

5)  Memilih strategi yang paling sesuai untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang. 2.  Kendala dalam strategi pemasaran

a.  Selalu dinamisnya macam strategi di  market sell  membuat strategi pemasaran hanya dijadikan pedoman utama namun dikegiatan pasarnya strategi tersebut berubah sesuai kebutuhan pasar.

b.  Terbatasnya personil didalam pengembangan atau penyelesaian masalah dalam unit pemasaran.

Leave a Reply

Alamat :

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370