HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Saluran Distribusi Dan Dampak Penjualan Buku

Contoh Skripsi Ekonomi ~ Analisa Saluran Distribusi Dan Dampaknya Terhadap Volume Penjualan Studi Kasus Pada Penerbit Buku Tiga Serangkai Kudus

Distribusi Buku

Distribusi Buku

Latar Belakang Skripsi :

Hampir setiap perusahaan yang berdiri menggunakan saluran distribusi, baik itu perusahaan jasa maupun perusahaan dagang. Dengan melalui distribusi inilah yang merupakan usaha bagi setiap perusahaan untuk mendekatkan produknya agar mudah dicapai konsumen. Untuk mencapai laba yang maksimal, perusahaan Tiga Serangkai terus berupaya agar volume penjualannya meningkat. Meningkat tidaknya volume penjualan ditunjang  oleh pemilihan saluran distribusi yang tepat.

Saluran distribusi berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan. Karena banyak sedikitnya produk yang akan sampai ketangan konsumen ditentukan perantara yang merupakan penghubung dari produsen ke konsumen. Semakin banyak perantara yang digunakan, maka produkpun akan segera menyebar keberbagai wilayah konsumen, sehingga konsumen merasa mudah dalam mendapatkan produk yang diinginkan.

Perumusan Masalah

Dengan memilih saluran disrtribusi yang tepat, maka produk yang dihasilkan dapat sampai ketangan konsumen tanpa mengalami keterlambatan, sehingga penjualan produk dapat menigkat serta konsumen akan merasa senang dan merasa puas dengan pelayanan yang mempermudah dalam memperoleh produk yang diinginkannya Berdasarkan latar belakang masalah yang yang telah diuraikan, maka penulis mengangkat masalah pada :

1.Bagaimana perusahaan TIGA SERANGKAI menggunakan saluran distribusi langsung dan tidak langsung ?

2.Apa saluran distribusi yang lebih efisien dalam penyaluran buku-buku TIGA SERANGKAI ?

Buku Bacaan

Buku Bacaan

Tujuan Penelitian 

Tujuan yang ingin dicapai peneliti adalah mengenai bagaimana perusahaan Tiga Serangkai Kudus dalam menggunakan saluran distribusi dalam memasarkan produknya dan untuk mengetahui jenis saluran distribusi yang lebih efisien dilihat dari volume penjualan serta biaya distribusi yang dikeluarkan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan wawancara pada pihak terkait, melakukan observasi dan setudi pustaka. Teknik analisis yang dipakai adalah deskriptif, dan  analisa data dengan menggunakan analisa efisiensi distribusi serta analisa return on invesment.

Kesimpulan 

Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dari kegiatan distribusi yang dilakukan oleh perusahaan penerbit buku Tiga Serangkai Kudus, dalam hubungannya dengan penggunaan saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung, serta tingkat efisiensi yang didapat dari tahun 2001 –2004 maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

1.Penerbit buku Tiga Serangkai Kudus dalam pendistribusiannya menggunakan saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung.

2.Analisa efisiensi biaya distribusi langsung dan tidak langsung dari tahun 2001 – 2004 sebagai berikut :

Efisiensi biaya distribusi langsung :

Pada tahun 2001 = 3,86 %

Pada tahun 2002 = 3,82 %

Pada tahun 2003 = 3,78 %

Pada tahun 2004 = 3,39 %

Efisiensi biaya distribusi tidak langsung :

Pada tahun 2001 = 4,37 %

Pada tahun 2002 = 5,50 %

Pada tahun 2003 = 3,60 %

Pada tahun 2004 = 6,39 %

3.Dilihat dari kenaikan atau penurunan antara biaya distribusi pengaruhnya terhadap volume penjualan diketahui bahwa saluran distribusi langsung lebih efisien daripada saluran distribusi tidak langsung, baik dengan analisa biaya efisiensi dan analisa estimasi return on invesment.

 

Leave a Reply

Alamat :

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370