HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Saham Perusahaan Property Yang Terdaftar Di BEI

Skripsi Ekonomi ~ Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Market To Book Ratio Terhadap Return Saham Perusahaan Property Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007

Salah Satu Ruangan Di Dalam Gedung BEI

Salah Satu Ruangan Di Dalam Gedung BEI

Latar Belakang Skripsi :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, market to book ratio  terhadap  return saham perusahaan  property yang terdaftar di BEI dengan populasi seluruh perusahaan property pada tahun 2007. Penelitian ini mengambil sampel dengan metode  purposive sampling  dari perusahaan  property  yang aktif memperdagangkan sahamnya di BEI tahun 2007. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 perusahaan. Untuk memenuhi syarat model regresi dilakukan pengujian normalitas, autokorelasi, multikolinearitas, dan heteroskedaktisitas. Hasil pengujian mengindikasikan bahwa data terdistribusi normal dan tidak terjadi gejala autokorelasi, multikolinearitas, dan heteroskedaktisitas.

Pengujian hipotesisdilakukan berdasar pada t-value dan F-value. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas (ROA) berpengaruh signifikan terhadap  return  saham, sedangkan variabel profitabilitas (ROE),  leverage, market to book ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap  return saham. Atas dasar penelitian tersebut, maka penelitian ini menyarankan untuk penelitian berikutnya, untuk memperluas sampel, memperpanjang tahun penelitian dan menambah variabel penelitian baru.

Garafik Saham

Garafik Saham

Perumusan Masalah Penelitian 

Informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi  return saham penting bagi investor untuk pengambilan keputusan investasi di pasar modal. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi return saham tersebut. hasil penelitian dari beberapa penelitian sebelumnya bervariasi diantara satu dan lainya. Atas dasar hal tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan seperti berikut ini.

1.Apakah profitabilitas berpengaruh terhadap  return saham perusahaan property  di BEI tahun 2007 ?

2.Apakah leverage berpengaruh terhadap return saham perusahaan propertydi BEI tahun 2007 ?

3.Apakah  market to book ratio berpengaruh terhadap  return saham perusahaan  property di BEI tahun 2007 ?

4.Apakah profitabilitas,  leverage, dan market to book ratio secara simultan berpengaruh terhadap  return saham perusahaan  property di BEI tahun 2007 ?

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, market to book ratio  terhadap  return saham perusahaan  property yang terdaftar di BEI dengan populasi seluruh perusahaan property pada tahun 2007. Penelitian ini mengambil sampel dengan metode  purposive sampling  dari perusahaan  property  yang aktif memperdagangkan sahamnya di BEI tahun 2007. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 perusahaan. Untuk memenuhi syarat model regresi dilakukan pengujian normalitas, autokorelasi, multikolinearitas, dan heteroskedaktisitas. Hasil pengujian mengindikasikan bahwa data terdistribusi normal dan tidak terjadi gejala autokorelasi, multikolinearitas, dan heteroskedaktisitas. Pengujian hipotesisdilakukan berdasar pada t-value dan F-value.

Kesimpulan

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas,  leverage,  dan  market to book ratio  terhadap  return saham. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan oleh penulis, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

1.Dengan menggunakan uji t, yaitu melihat pengaruh masing-masing variabel independen (profitabilitas,  leverage, dan   market to book ratio) terhadap variabel dependen (return saham). Dalam penelitian ini hasilnya menunjukkan bahwa variabel profitabilitas (ROA) yang berpengaruh signifikan terhadap  return  saham. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil sig hitung yang lebih kecil dibanding alpha yang telah ditentukan yaitu sebesar 5%, sedangkan pada variabel profitabilitas (ROE),  leverage, market to book retio  tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham, hal ini ditunjukkan dari hasil sig hitung yang lebih besar daripada alpha yang telah ditetapkan yaitu 5%.

2.Dengan menggunakan uji F, yaitu melihat pengaruh variabel independen (profitabilitas,  leverage, dan   market to book ratio) terhadap variabel dependen (return saham) secara bersama-sama. Dalam penelitian ini hasilnya menunjukkan bahwa variabel profitabilitas,  leverage dan market to book ratio secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap return saham. Hal ini ditunjukkan dari hasil sig F hitung yang lebih kecil daripada alpha yang ditetapkan, nilai sig F yang diperoleh dari penelitian ini adalah 0,027, sedangkan alpha yang ditetapkan yaitu sebesar 5%.

3.Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa informasi keuangan seperti profitabilitas,  laverage dan  market to book ratio secara bersama-sama dapat berguna bagi investor dalam memprediksi  return yang diharapkan (return  saham), sehingga sebelum investor menginvestasikan dananya dalam suatu perusahaan, mereka dapat memprediksi  return yang akan mereka dapatkan.

Incoming search terms:

Leave a Reply