HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Contoh Skripsi – Prosedur Menabung Dan Pengelolaan Nasabah Bank

Contoh Skripsi  Ekonomi ~ Prosedur Menabung Dan Pengelolaan Pembukuan  Tabungan Tamades Pada Pd Bpr Bkk Tasikmadu  Cabang Colomadu

Pelayanan Perbankan

Pelayanan Perbankan

Latar Belakang :

Adanya berbagai peningkatan taraf hidup tersebut, masyarakat yang telah memenuhi kebutuhan primernya, mereka mulai memikirkan cara menyimpan sebagian uang mereka untuk kepentingan masa depan, maka dibutuhkan suatu lembaga  yang dapat digunakan untuk menyimpan sebagian uang tersebut dengan aman dan dapat diambil sewaktu-waktu jika diperlukan.

Munculnya berbagai keadaan tersebut, maka dibentuklah berbagai perusahaan perbankan baik milik pemerintah maupun swasta. Khususnya di Kabupaten Karanganyar dibentuk perusahaan perbankan, dan salah satunya adalah PD BPR BKK Colomadu, yang merupakan cabang dari PD BPR BKK Tasikmadu.

 

Perumusan Masalah Penelitian 

Dalam sebuah penelitian, terlebih dahulu harus menentukan masalah yang akan dipecahkan dalam penelitian ini. Adapun pokok permasalahan yang akan dirumuskan dalam penelitian tugas akhir ini antara lain :

1.  Bagaimanakah prosedur pembukaan tabungan?

2.  Bagaimanakah prosedur melakukan penyetoran tabungan?

3.  Bagaimana prosedur melakukan pengambilan tabungan?

4.  Bagaimanakah cara menghitung tingkat suku bunga tabungan?

5.  Bagaimanakah cara melakukan penutupan tabungan?

6.  Bagimanakah cara melakukan pengelolaan pembukuan tabungan?

 

Tujuan Penelitian 

Tujuan  dari pembahasan yang dilakukan adalah untuk mengetahui prosedur menabung dan pengelolaan tabungan pada PD. BPR BKK Tasikmadu Cabang Colomadu. Metode pembahasan dalam tugas akhir ini menggunakan metode penelitian yang berupa desain penelitian, jenis data dan sumber data berupa data primer dan sata sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu metode observasi, metode dokumentasi, metode wawancara. Teknik pembahasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan lokasi penelitian dilakukan pada PD BPR BKK Tasikmadu Cabang Colomadu. Obyek kajian dalam penelitian ini adalah prosedur menabung dan pengelolaan pembukuan tabungan Tamades pada PD BPR BKK Tasikmadu Cabang Colomadu.

 

Kesimpulan 

Berdasarkan uraian dan pembahasan mengenai prosedur pengelolaan tabungan pada PD BPR BKK Tasikmadu Cabang Colomadu, maka dapat ditarik kesimpulan :

1. Dalam proses pembukaan rekening Tamades yang baru, nasabah harus menemui  customer service  atau menunggu pegawai bank yang berada di pos-pos pasar untuk melakukan pengajuan pembukaan rekening Tamades baru dengan membawa fotocopi kartu identitas.  Customer service kemudian mengisi formulir pembukaan rekening tabungan Tamades  baru dan memintakan tanda tangan sebagai contoh tanda tangan pada nasabah baru. Jumlah minimal pembukaan tabungan adalah Rp. 10.000,-. Setelah itu pihak bank memberikan buku tabungan Tamades kepada nasabah.

2.  Penyetoran tabungan dapat dilakukan lebih dari 1  kali dalam satu hari. Nasabah yang ingin menabung hanya perlu mengisi slip penyetoran tabungan, dan menyerahkan slip penyetoran tersebut beserta buku tabungan Tamades kepada teller. Kemudian teller menambahkan sejumlah uang yang sesuai dengan setoran ke dalam komputer dan menulisnya pada buku tabungan.

3.  Perhitungan bunga pada PD BPR BKK Tasikmadu Cabang Colomadu dilakukan oleh pihak bank pada setiap akhir bulan dengan tingkat suku bunga 6% pertahun dengan perhitungan

4.  Dalam hal pengambilan tabungan dapat dilakukan lebih dari satu kali dalam satu hari. Nasabah cukup mengisi slip pengambilan tabungan, kemudian menyerahkan slip tersebut kepada teller beserta dengan buku tabungan. Teller melakukan pengurangan jumlah  saldo pada komputer dan menuliskannya pada buku tabungan.

5.  Dalam proses penutupan tabungan, nasabah dapat datang ke bank atau menunggu pegawai yang berada di pos-pos pasar. Teller atau petugas dari bank menuliskan slip pengembilan tabungan dan slip penerimaan umum, slip penerimaan umum ini digunakan sebagai biaya administrasi dalam penutupan rekening. Teller/pegawai bank menyerahkan uang dari tabungan yang diambil tersebut dan selanjutnya teller menutup rekening tersebut pada komputer.

6.  Pengelolaan pembukuan tabungan pada PD BPR BKK Tasikmadu Cabang Colomadu dilakukan dengan dua metode pembukuan, yaitu dengan metode komputerisasi dan metode manual. Metode komputerisasi dilakukan dengan menginput slip penyetoran dan pengambilan tabungan ke komputer yang telah diberi program khusus dari pihak bank.  Dengan metode manual dilakukan dengan menyalin slip-slip penyetoran dan pengambilan tabungan pada buku mutasi tabungan.

Leave a Reply

Alamat :

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370