HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Contoh Skripsi – Produksi Mebel Dengan Menerapkan Metode Line Balancing

Contoh Skripsi Ekonomi ~  Analisa Layout Fasilitas Produksi Mebel Dengan Menerapkan Metode Line Balancing Di CV. Mugiharjo Mojosongo Boyolali

Kegiatan Produksi Mebel

Kegiatan Produksi Mebel

Latar Belakang Skripsi :

Seperti halnya yang dialami oleh perusahaan-perusahaan lain pada umumnya, CV. Mugiharjo juga tidak terlepas dari himpitan ketatnya kondisi persaingan pasar yang sedang melanda Indonesia. Untuk tetap bertahan maka CV. Mugiharjo perlu melakukan pembenahan-pembenahan dilingkungan internalnya, salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan meninjau ulang  layout fasilitas produksi yang telah dilaksanakan CV. Mugiharjo, sehingga pihak pengelola dapat mengambil keputusan untuk melakukan relayout atau tidak.  Relayout disini merupakan perubahan-perubahan kecil yang dapat mendukung peningkatan efisiensi dan efektifitas dari perusahaan. Perubahan-perubahan tersebut dapat dikaitkan dengan usaha-usaha pengoptimalan masalah penggunaan tenaga kerja, waktu produksi dan keseimbangan lini.

Berdasarkan latar belakang penulis tertarik melakukan penelitian mengenai  layout fasilitas produksi yan dilaksanakan CV. Mugiharjo Boyolali dengan mengambil judul  “ANALISIS  LAYOUT FASILITAS PRODUKSI MEBEL DENGAN MENERAPKAN METODE  LINE BALANCING DI CV. MUGIHARJO MOJOSONGO BOYOLALI”.

Rumusan Masalah

Dari uraian tersebut di atas penulis merumuskan permasalahan yang akan dibahas dalam tugas akhir ini adalah :

1. Bagaimana layout fasilitas proses produksi di CV. MUGIHARJO?

2. Bagaimana urutan proses produksi pada CV. MUGIHARJO?

3. Berapa besar tingkat efisiensi dari layout fasilitas produksi yang sudah dilaksanakan pada CV. MUGIHARJO?

Salah satu Hasil Dari Produksi Mebel

Salah satu Hasil Dari Produksi Mebel

Tujuan Penelitian 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layout fasilitas proses produksi yang digunakan pada CV. MUGIHARJO, mengetahui urutan proses produksi pada CV. Mugihargo, dan mengetahui tingkat efisiensi dari layout fasilitas proses produksi yang sudah dilaksanakan pada CV. MUGIHARJO.

Kesimpulan 

Berdasarkan analisis data diatas maka penulis dapat menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut :

1. Layout fasilitas produksi yang digunakan oleh CV. Mugiharjo demi kelancaran proses produksi adalah layout garis/ produk, hal tersebut dapat diketahui dari proses produksi pada CV. Mugiharjo yang berurutan dan terus menerus. CV. MUGIHARJO sebaiknya tetap mempertahankan  layout fasilitas produksi yang telah diterapkan dan tidak perlu melakukan relayout karena sudah efisien dan efektif.

2. Urutan proses produksi pada CV. Mugiharjo : Sambung Papan (A), Pemahatan (B), Perakitan (C), QC Perakitan (D), Amplas (E), Pendempulan(F), Pelapisan Dasar (G),  Finishing (H), Pemasangan Accessories (I), Packing (J).

3. Tingkat efisiensi  layout yang sudah dilaksanakan pada CV. Mugiharjo dengan waktu siklus (cycle time) sebesar 10,6 menit berdasarkan waktu pekerjaan terlama , jumlah stasiun kerja 4 dan total waktu produksi yang dibutuhkan per unit yaitu 40.1 menit yaitu 94. 57 % dengan penundaan sebesar 5.42% sedangkan apabila menggunakan waktu siklus maksimal yaitu sebesar 10,8 menit efisiensi yang dapat dicapai 92. 82% dengan penundaan sebesar 7.17 %.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat :

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370