HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Praktik Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur

Contoh Skripsi  Ekonomi  ~ Praktik Corporate Terhadap Praktik Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Bursa Efek Indonesia

Bursa Efek Indonesia

Latar Belakang Skripsi

Kebanyakan investor seringkali hanya menaruh perhatian pada informasi laba tanpa memperhatikan bagaimana laba tersebut dihasilkan. Hal ini telah menciptakan peluang bagi manajemen untuk melakukan praktik manajemen laba.  Keadaan ini diperburuk dengan adanya kesenjangan informasi antara investor dengan manajemen, dimana manajemen mengetahui lebih banyak tentang keadaan perusahaan dan masalah-masalah di dalamnya dibandingkan dengan investor, kreditor atau pihak eksternal lainnya.

Komposisi dewan komisaris merupakan salah satu karakteristik dewan yang berhubungan dengan kandungan informasi laba. Melalui perannya dalam menjalankan fungsi pengawasan, komposisi dewan dapat mempengaruhi pihak manajemen dalam menyusun laporan keuangan sehingga dapat diperoleh suatu laporan laba yang berkualitas (Boediono, 2005).

 

Rumusan Masalah Penenlitian 

Berdasarkan pemikiran di  atas, maka dapat dirumuskan suatu permasalahan antara lain:

  1. Apakah ukuran perusahaan berpengaruh  secara  signifikan terhadap praktik manajemen laba?
  2. Apakah praktik corporate governance berpengaruh secara signifikan terhadap praktik manajemen laba?
  3. Apakah  leverage berpengaruh secara signifikan terhadap praktik manajemen laba?

 

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan  untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, praktik corporate governance  dan  leverage  terhadap praktik manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008.

 

Kesimpulan

Sebagaimana diungkapkan sebelumnya, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, praktik corporate governance dan leverage  terhadap manajemen laba dengan menggunakan analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil dari analisis regresi yang telah dilakukan, maka penelitian ini menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Dari hasil pengujian regresi menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Ini mengindikasikan bahwa besar kecilnya total  aktiva  yang dimiliki perusahaan yang menunjukkan besar kecilnya perusahaan berdampak terhadap  praktik manajemen laba yang dilakukan perusahaan.  Hasil pengujian ini mendukung penelitian Nuryaman (2007).
  2. Dari hasil pengujian regresi menunjukkan bahwa komposisi dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap  praktik  manajemen laba. Ini mengindikasikan bahwa besar kecilnya komposisi dewan komisaris tidak berdampak pada manajemen laba yang dilakukan perusahaan. Hal ini disebabkan karena adanya dewan komisaris independen tidak menjamin kebijakan manajemen laba yang diterapkan di perusahaan.  Hasil pengujian ini mendukung penelitian Boediono (2005).
  3. Dari hasil pengujian regresi menunjukkan bahwa  leverage  tidak berpengaruh signifikan terhadap  praktik  manajemen laba. Hasil pengujian ini mendukung penelitian Antonia (2008) dan Indriani (2010).
  4. Nilai F menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, praktik  corporate governance  dan  leverage  berpengaruh secara simultan terhadap manajemen laba.
  5. Pengujian dengan regresi linier berganda menunjukkan nilai adjusted R2 pada model  summary  menunjukkan nilai 0.072 atau 7.2%. hal ini menunjukkan bahwa 7.2% perubahan manajemen laba dipengaruhi oleh ukuran perusahaan, praktik  corporate governance,  dan  leverage. Sedangkan 92.8% dijelaskan oleh faktor lain di luar model penelitian.

Leave a Reply

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 BBM : 5E1D5370