HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Penerapan Pengukuran Kinerja Rumah Sakit

Contoh Skripsi Ekonomi   ~Analisa Kemungkinan Penerapan Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Islam Kustati Surakarta Dengan Menggunakan Balanced Scorecard (Pengukuran Kinerja menggunakan Metode Balanced Scorecard dan Metode Pengukuran Jasa Pelayanan Kesehatan)

Kinerja Perawat

Kinerja Perawat

Latar Belakang Skripsi :

Menyadari akan pentingnya penerapan konsep Balanced scorecard  yang efektif sesuai  (applicable) dengan kebutuhan manejemen rumah sakit modern, maka penulis mencoba meneliti kemungkinan penerapan Balance Scorecard di Rumah Sakit Islam Kustati Surakarta. Selama ini penilaian kinerja di Rumah Sakit Islam Kustati Surakarta hanya dari aspek keuangan saja. Penilaian kinerja dari aspek non keuangan belum pernah dilakukan. Peningkatan kinerja keuangan lebih diutamakan dan menjadi perhatian manajemen.

Kinerja non keuangan seperti kepuasan konsumen, produktivitas, dan kemampuan karyawan dalam menghasilkan produk dan jasa yang bisa memenuhi keinginan konsumen terabaikan. Penulis berharap setelah mengetahui manfaat dari pengukurankinerja dengan menggunakan  Balance Scorecard, manajemen mampu memahami metode balance scorecard, mengapa metode balance scorecard  ini muncul di dalam dunia manajemen organisasi, serta berbagai keunggulan yang diberikan oleh metode ini untuk meningkatkan kinerja organisasi.

Perumusan Masalah

Penulis akan menganalisis kemungkinan penerapan metode  balanced scorecard  sebagai salah satu alat untuk mengukur kinerja pada Rumah Sakit Islam Kustati Surakarta. Untuk dapat mengetahui kemungkinan penerapan balanced scorecard  ada beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Apabila perusahaan memenuhi syarat untuk dapat dilakukan penerapan  balanced scorecard maka penulis juga akan melengkapi penelitian dengan menganalisis engukuran kinerja metode  balanced scorecard  dengan metode standar pengukuran jasa pelayanan kesehatan yang selama ini digunakan oleh Rumah Sakit Islam Kustati Surakarta. Berdasarkan latar belakang dan uraian di atas dapat dirumuskan permasalahan pokok, yaitu

  1. Kemungkinan penerapan metode  Balanced Scorecard  sebagai metode pengukuran kinerja pada Rumah Sakit Islam Kustati Surakarta.
  2. Pengukuran kinerja Rumah Sakit Islam Kustati Surakarta menggunakan Balanced Scorecard  dan metode Standar Pengukuran Jasa Pelayanan Kesehatan

Tujuan Penelitian  

Pengukuran kinerja merupakan suatu hal penting bagi sebuah unit bisnis.dikarenakan pengukuran kinerja dapat digunakan untuk menilai keberhasilan suatu perusahaan.  Selain itu juga dapat dipergunakan untuk melakukan penyusunan strategi-strategi bisnis yang cocok.  Selama ini pengukuran kinerja yang sering digunakan adalah pengukuran kinerja yang hanya mengukur kinerja keuangan, tidak dapat mengambarkan kinerja perusahaan secara keseluruan. Pengukuran kinerja keuangan hanya menilai kinerja untuk jangka pendek dan tidak memperhitungkan harta-harta tak nampak yang dimiliki rumah sakit.

Dengan adanya kekurangan tersebut, maka diciptakan suatu metode pengukuran kinerja yang mempertimbangkan aspek keuangan dan non-keuangan yang dikenal dengan istilah  Balanced Scorecard.  Pengukuran kinerja  Balance Scorecard menyangkut empat perspektif yaitu : Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan.Penulis memilih menggunakan Rumah Sakit Islam Kustati Surakarta karena selama ini pengukuran kinerja yang dilakukan perusahaan masih menitik beratkan pada aspek keuangan.

 Kesimpulan

Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut.

  1. Rumah Sakit Islam Kustati  Surakarta sudah memenuhi syarat untuk dapat menerapkan balanced scorecard sebagai pengukur kinerja organisasi. Rumah Sakit Islam Kustati Surakarta juga telah memiliki visi, misi, dan strategi yang jelas terangkum dalam perencanaan 5 tahun.
  2. Pengukuran kinerja menggunakan standar pengukuran jasa pelayanan kesehatan yang digunakan selama ini oleh Rumah Sakit Islam Kustati Surakarta menunjukkan hasil baik akan tetapi pengukuran kinerja dilakukan hanya meliputi perspektif pelanggan.
  3. Pengukuran Kinerja Rumah Sakit menggunakan perspektif  Balanced Scorecard menunjukkan hasil cukup baik, dengan pengecualian pengukuran kinerja perspektif keuangan. Pengukuran kinerja menggunakan  balanced scorecard yang dilakukan penulis hanya terdiri dari perspektif konsumen, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penulis tidak melakukan pengukuran kinerja pada perspektif keuangan dikarenakan tidak ada data keuangan yang tersedia.

Leave a Reply

Alamat :

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370