HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Kebijakan Pembagian Dividen Tunai Perusahaan

Contoh Skripsi  Ekonomi  ~ Pengaruh Pertumbuhan, Posisi Kas, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Pembagian Dividen Tunai Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2004-2008

GRafik Pertumbuhan Deviden

GRafik Pertumbuhan Deviden

Latar Belakang Skripsi 

Kebijakan dividen merupakan kebijakan yang sangat penting, sebab akan melibatkan dua pihak yaitu pemegang saham dan manajemen perusahaan yang dapat mempunyai kepentingan yang berbeda. Berbagai konflik kepentingan dalam perusahaan seperti konflik kepentingan antara manajer dengan pemegang saham tersebut disebabkan karena di satu pihak, manajemen perusahaan selalu menginginkan adanya pertumbuhan bagi perusahaan tersebut, namun di pihak lain para pemegang saham ingin memperoleh return dari dana yang telah mereka investasikan tersebut. Kedua hal tersebut sangat bertentangan sehingga sulit untuk dilakukan kedua-duanya dalam waktu yang bersamaan. Sebab semakin tinggi tingkat dividen yang dibayarkan, berarti semakin sedikit laba yang dapat ditahan, dan sebagai akibatnya adalah dapat menghambat tingkat pertumbuhan. Apabila perusahaan ingin menahan sebagian besar dari pendapatannya, berarti bagian untuk pembayaran diviven adalah semakin kecil. Untuk menjaga kedua kepentingan itu, manajer keuangan harus menempuh kebijakan dividen yang optimal yaitu dengan menciptakan keseimbangan di antara pembayaran dividen saat ini dan pertumbuhan di masa mendatang.

Dalam hal pembayaran dividen Hidayati (2006) mengatakan bahwa pembayaran dividen dalam bentuk tunai atau kas lebih banyak diinginkan investor daripada dalam bentuk lain, karena pembayaran dividen tunai membantu mengurangi ketidakpastian dalam melaksanakan aktivitas investasinya pada suatu perusahaan. Demikian pula, stabilitas dividen yang dibayarkan juga akan mengurangi ketidakpastian dari profitabilitas perusahaan, sehingga stabilitas dividen juga merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan oleh manajemen perusahaan.

 Rumusan Masalah Penelitian 

Kebijakan dividen merupakan masalah  yang kompleks dalam organisasi. Manajemen perusahaan selalu menginginkan adanya pertumbuhan bagi perusahaan, namun di lain pihak investor ingin memperoleh return dari dana yang telah mereka investasikan tersebut. Kedua hal tersebut sangat bertentangan sehingga sulit untuk dilakukan kedua-duanya dalam waktu yang bersamaan. Sebab semakin tinggi tingkat dividen yang dibayarkan, berarti semakin sedikit laba yang dapat ditahan, dan sebagai akibatnya adalah dapat menghambat tingkat pertumbuhan.  Faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan pembagian dividen tunai pada penelitian ini adalah pertumbuhan, posisi kas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan. Berdasarkan penjelasan di atas maka rumusan masalah pada penelitian ini dinyatakan dalam pernyataan berikut:

1.  Apakah pertumbuhan, posisi kas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh terhadap kebijakan pembagian dividen tunai pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2004-2008?

2.  Apakah pertumbuhan, posisi kas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap kebijakan pembagian dividen tunai pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2004-2008?

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kebijakan pembagian dividen tunai yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2004-2008.

Kesimpulan

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kebijakan pembagian dividen tunai yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2004-2008. Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang dilakukan pada bab sebalumnya maka dihasilkan kesimpulan sebagai berikut ini.

1.  Pada pengujian secara parsial, variabel independen yang berpengaruh signifikan terhadap kebijakan pembagian dividen tunai pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2004-2008 adalah pertumbuhan dan ukuran perusahaan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai probabilitas signifikansinya yang lebih kecil dari 5%, sehingga  hipotesis 1 dan 4 diterima atau terbukti.  Sedangkan  posisi kas  dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan pembagian dividen tunai pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2004-2008. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas signifikansinya yang lebih besar dari 5%, sehingga hipotesis 2 dan 3 tidak terbukti atau ditolak.

2.  Pertumbuhan, posisi kas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan secara simultan  berpengaruh signifikan terhadap kebijakan pembagian dividen tunai pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2004-2008, karena nilai probabilitas signifikansinya yang lebih kecil dari 5%.  Selanjutnya  adjusted  R  square  yang merupakan koefisien determinasi menunjukkan nilai sebesar 0,095. Angka tersebut menunjukkan hanya 9,9% variasi variabel dependen dapat dijelaskan oleh variasi keempat variabel independen, sedangkan sisanya 90,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model regresi yang diuji dalam penelitian ini.

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat :

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370