HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Analisis Kepuasan, Loyalitas Dan Inertia Terhadap Merek Roti Ganep’s

Contoh Skripsi Ekonomi  ~ Analisis Kepuasan, Loyalitas Dan Inertia Terhadap Merek Roti Ganep’s Tradisi Solo

Pelayanan Roti Merk Ganep's

Pelayanan Roti Merk Ganep’s

Latar Belakang Skripsi :

Kepuasan para pelanggan menjadi sangat penting dan mutlak perlu dipertahankan karena berbagai alasan yang sangat mendasar. Pentingnya kepuasan pelanggan menurut Supranto (2002: 46), yaitu: Pertama, pelanggan yang puas akan menjadi pelanggan  yang loyal dalam arti tetap membeli dan menggunakan produk atau jasa perusahaan meskipun ada perusahaan lain yang menghasilkan dan memasarkan produk atau sejenis. Artinya, produk substitusi tersedia di pasaran. Kedua, pelanggan yang puas akan menjadi juru bicara yang efektif bagi perusahaan karena menyebarluaskan informasi tentangproduk perusahaan yang dibeli dan digunakannya kepada orang yang kemudian mungkin menjadi konsumen pula. Ketiga, pelanggan yang puas akan senang melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan karena dipandangnya sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dan tidak semata-mata berorientasi pada perolehan keuntungan yang sebesar-besarnya. Jelaslah bahwa para konsumen merupakan pihak berkepentingan yang harus dipuaskan karena mereka mempertahankan uangnya untuk membeli dan menggunakan produk perusahaan.

Kepuasan pelanggan terhadap produk suatu perusahaan mempengaruhi loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan secara umum dapat diartikan kesetiaan seseorang atas suatu produk, baik barang maupun jasa tertentu. Loyalitas manifestasi dan kelanjutan dari kepuasan konsumen dalam menggunakan fasilitasn maupun jasa pelayanan yang diberikan oleh pihak perusahaan, serta untuk tetap menjadi konsumen dari perusahaan tersebut. Loyalitas adalah bukti konsumen yang selalu menjadi pelanggan, yang memiliki kekuatan dan sikap positif atas perusahaan tersebut.

Perumusan Masalah

Berdasar latar belakang masalah yang telah dikemukakan, perumusan masalah dalam penulisan Tugas Akhir ini dirumuskan sebagai berikut :

1. Seberapa besar tingkat kepuasan konsumen terhadap merek Roti Ganep’s yang sudah memenuhi harapan responden, memenuhi kriteria produk yang diharapkan, kebutuhan responden dapat dipenuhi, rasa aman saat membeli, dan rasa kepuasan dari produk Roti Ganep’s?

2. Seberapa besar tingkat loyalitas konsumen terhadap merek Roti Ganep’s yang meliputi sikap akan selalu membeli, tidak berpindah merek roti lain, akan membeli Roti Ganep’s, membeli pada saat kesempatan lain, dan akan merekomendasikan ke konsumen lain?

3. Seberapa besar tingkat  Inertia konsumen terhadap merek Roti ganep’s bila produk tidak tersedia ditoko maka konsumen akan membeli ditempat lain, dan akan membeli produk lain yang harganya didiskon?

Kesimpulan      

1. Produk roti Ganep’s telah mampu memberikan kepuasan kepada konsumen

2. Loyalitas terhadap produk roti Ganep’s termasuk tinggi. Karena konsumen membeli produk Ganep’s secara berulang-ulang dan diikuti komitmen.

3. Konsumen merasa puas sehingga inertia konsumen terhadap roti Ganep’s termasuk rendah. Karena konsumen hanya akan membeli roti Ganep’s meskipun banyak produk lain yang dijual.

Leave a Reply

Alamat :

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370