HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Analisis Kepuasan Wisatawan Terhadap Kualitas Produk Wisata

Contoh Skripsi Pariwisata – Analisis Kepuasan Wisatawan Terhadap Kualitas Produk Wisata di Kawasan Wisata Candi Borobudur

Objek Wisata Borobudur

Latar Belakang Skripsi – Borobudur dibangun sekitar tahun 800 Masehi atau abad ke-9. Candi Borobudur dibangun oleh para penganut agama Buddha Mahayana pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Candi ini dibangun pada masa kejayaan dinasti Syailendra. Pendiri Candi Borobudur yaitu Raja Samaratungga yang berasal dari wangsa atau dinasti Syailendra. Candi ini dibangun sekitar tahun 824 M dan selesai sekitar menjelang tahun 900-an Masehi pada masa pemerintahan Ratu Pramudawardhani yang merupakan putri dari Samaratungga. Sedangkan arsitek yang berjasa membangun candi ini menurut kisah turun-temurun bernama Gunadharma. Arti nama Borobudur yaitu “biara di perbukitan”, yang berasal dari kata “bara” (candi atau biara) dan “beduhur” (perbukitan atau tempat tinggi) dalam bahasa Sansekerta. Karena itu, sesuai dengan arti nama Borobudur, maka tempat ini sejak dahulu digunakan sebagai tempat ibadat penganut Buddha.

Terjadinya musibah gunung meletus di Yogyakarta 26 Oktober 2010 telah menyebabkan kerusakan pada beberapa produk wisata yang ada di kawasan wisata Candi Borobudur dan turunnya kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur secara drastis.

Banyak usaha recovery yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun swasta diantaranya dengan melakukan pembersihan Candi Borobudur dari abu vulkanik dampak semburan awan panas dan membenahi TWCB dari dampak letusan Merapi yang dilakukan petugas dibantu Pihak TNI, Pihak TWCB juga mengadakan pentas kesenian rakyat yang bekerja sama dengan Lesbumi NU dan menggelar wayang orang di panggung Aksobya (lapangan tepat di depan Candi Borobudur). Semua itu dilakukan agar dapat memenuhi kepuasan wisatawan yang datang ke provinsi Jawa Tengah umumnya dan Candi Borobudur khususnya, dan memungkinkan memenangkan persaingan dengan daerah tujuan wisata lainnya baik yang ada di daerah Jawa Tengah maupun yang berada diluar daerah Jawa Tengah.

Kerusakan Akibat Debu Letusan Merapi 2010

 

Identifikasi Penelitian Skripsi

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat diidentifikasi masalah yang timbul, antara lain:

1. Tingkat kepentingan produk wisata  menurut wisatawan candi Borobudur pasca erupsi Merapi.

2. Kesenjangan antara tingkat kepentingan produk wisata  menurut wisatawan candi Borobudur dengan kinerja produk wisata yang telah diupayakan oleh pengelola PT Taman Wisata candi Borobudur.

3. Masalah kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur.

4. Kondisi produk-produk wisata yang ada di kawasan candi Borobudur pasca 
erupsi merapi.

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan wisatawan terhadap kualitas produk wisata yang ada di Kawasan Wisata Candi Borobudur Pasca Erupsi Merapi Yogyakarta Tahun 2010, ditinjau dari kesenjangan antara tingkat kinerja dengan tingkat kepentingan kualitas produk wisata yang dirasakan wisatawan.

 

Kesimpulan

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan analisis data yang dilakukan, maka kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah :

1. Dilihat dari perhitungan tingkat kesesuaian total antara kinerja produk wisata 
dengan tingkat kepentingan wisatawan diperoleh angka yaitu sebesar 83,04% lebih kecil dari 100% sehingga dapat dikatakan bahwa tingkat kinerja produk wisata belum sesuai dengan kepentingan wisatawan.

2. Tingginya tingkat kepentingan wisatawan terhadap kualitas produk wisata yang dilihat dari atribut-atribut produk wisata yang sudah ditentukan, yaitu rata-rata dari tingkat kepentingan total adalah 3,53. Angka ini menunjukkan tingkat kepentingan wisatawan adalah sangat penting.

3. Rendahnya tingkat kinerja produk wisata terhadap kepuasan yang diberikannya pada wisatawan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata tingkat kinerja total adalah 2,94. Angka ini menunjukkan tingkat kinerja produk wisata kurang memuaskan bagi wisatawan.

4. Dilihat dari diagram kartesius pada pembahasan hasil analisis data, dapat dilihat prioritas kualitas produk wisata.

 

Incoming search terms:
Leave a Reply

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 BBM : 5E1D5370