HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Faktor Penerimaan Dan Penggunaan Software Akuntansi

Contoh Skripsi Ekonomi ~ Analisis Faktor Yang Mempengaruhi  Penerimaan Dan Penggunaan Software Akuntansi Studi Empiris : Mahasiswa Akuntansi S1 Dan D3  Fakultas Ekonomi UNS Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) .

 

Kegiatan Akuntansi Dengan Menggunakan Teknologi

Kegiatan Akuntansi Dengan Menggunakan Teknologi

Latar Belakang Skripsi :

Akuntansi merupakan suatu komponen yang tidak dapat terpisahkan dalam suatu organisasi. Akuntansi merupakan dasar dan pedoman baik bagi pihak eksternal maupun internal untuk proses pengambilan keputusan dengan melihat informasi yang ada dalam perusahaan tersebut. Kebutuhan informasi selalu menjadi dasar bagi manusia untuk melakukan sesuatu. Informasi selalu berkembang dari waktu ke waktu. Dari pengertiannya sendiri,  informasi adalah data yang dapat diolah dan dijadikan sebuah informasi serta dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dan memecahkan masalah (Romney dan Steinbard, 2003).

Penelitian ini merupakan studi empiris yang menggunakan teknik purposive sampling  dalam pengumpulan data. Jumlah sampel akhir yang digunakan sebanyak 200 mahasiswa dengan kriteria mahasiswa yang sudah menempuh serta memiliki pengalaman dalam menggunakan software akuntansi dalam perkuliahan maupun di luar perkuliahan.  Penelitian ini menunjukkan bahwa tuntutan pekerjaan tidak berpengaruh terhadap persepsi kebermanfaatan, pengalaman tidak berpengaruh terhadap persepsi kebermanfaatan, pengalaman tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan, frekuensi penggunaan berpengaruh terhadap persepsi kemudahan, persepsi kemudahan berpengaruh terhadap persepsi kebermanfaatan, persepsi kebermanfaatan berpengaruh terhadap sikap terhadap penggunaan, persepsi kemudahan berpengaruh terhadap sikap terhadap penggunaan, sikap terhadap penggunaan berpengaruh terhadap minat perilaku pengguna, minat perilaku tidak berpengaruh terhadap penggunaan senyatanya.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukakan di atas, maka masalah yang menjadi perhatian dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut.

1. Apakah  tuntutan tugas dan pekerjaan (demand of works) berpengaruh positif terhadap persepsi kebermanfaatan (perceive of usefulness) dalam penggunaan software akuntansi di kalangan mahasiswa akuntansi?

2. Apakah pengalaman (experience) berpengaruh positif terhadap persepsi kebermanfaatan (perceive of usefulness) dalam penggunaan  software akuntansi di kalangan mahasiswa akuntansi?

3. Apakah pengalaman (experience) berpengaruh positif terhadap persepsi kemudahan (perceive ease of use) dalam penggunaan software akuntansi di kalangan mahasiswa akuntansi?

4. Apakah frekuensi penggunaan (frequency of use) berpengaruh positif terhadap persepsi kemudahan (perceive ease of use) dalam penggunaan software akuntansi di kalangan mahasiswa akuntansi?

5. Apakah persepsi kemudahan (perceive ease of use) berpengaruh positif terhadap persepsi kebermanfaatan (perceive of usefulness) dalam penggunaan software akuntansi di kalangan mahasiswa akuntansi?

6. Apakah persepsi kebermanfaatan (perceive of usefulness) berpengaruh positif pada sikap terhadap penggunaan (attitude toward using) dalam penggunaan software akuntansi di kalangan mahasiswa akuntansi?

7. Apakah persepsi kemudahan (perceive ease of use) berpengaruh positif pada sikap terhadap penggunaan (attitude toward using) dalam penggunaan software akuntansi di kalangan mahasiswa akuntansi?

8. Apakah sikap terhadap penggunaan (attitude toward using) berpengaruh positif terhadap minat perilaku pengguna (behavioral intention to use) dalam penggunaan software akuntansi di kalangan mahasiswa akuntansi?

9. Apakah minat perilaku pengguna (behavioral intention to use) berpengaruh positif terhadap penggunaan sistem senyatanya (actual system use) dalam penggunaan  software  akuntansi di kalangan mahasiswa akuntansi?

 

Tujuan Penelitian 

Tujuan  dari penelitian ini adalah menemukan bukti-bukti empiris dan untuk  mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan  terhadap software  akuntansi berdasarkan Technology Acceptance Model  (TAM). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini, terdiri atas tiga variabel eksogen dan lima variabel endogen. Variabel eksogen terdiri atas Demand of Works,  Experience, dan  Frequency of Use, sedangkan variabel endogen terdiri dari  Perceived Usefullness,  Perceived Ease of Use,  Attitude toward Using, dan  Actual System Use.

Kesimpulan

Berdasarkan dari hasil analisis yang telah dilakukan peneliti pada bab IV maka dapat diambil kesimpulan antara lain,

  1. frekuensi (frequency of use) penggunaan berpengaruh positif terhadap persepsi kemudahan (perceived ease of use), persepsi kemudahan (perceived ease of use) berpengaruh positif terhadap persepsi kebermanfaatan (perceived of usefulness)
  2. persepsi kebermanfaatan (perceived of usefulness) berpengaruh positif terhadap sikap terhadap penggunaan (attitude toward using), persepsi kemudahan (perceived ease of use) berpengaruh positif terhadap sikap terhadap penggunaan (attitude toward using),
  3. sikap terhadap penggunaan (attitude toward using) berpengaruh positif terhadap minat perilaku  pengguna  (behavioral intention to use). Beberapa kesimpulan yang menyatakan bahwa  tidak  ada pengaruh antara konstruk satu dengan yang lainnya dalam penelitian ini antara lain, tuntutan tugas dan pekerjaan (demand of work) tidak berpengaruh positif terhadap persepsi kebermanfaatan (perceived of usefulness), pengalaman (experience) tidak berpengaruh positif terhadap persepsi kebermanfaatan (perceived of usefulness), pengalaman (experience) tidak berpengaruh positif terhadap persepsi kemudahan (perceived ease of use),
  4. minat perilaku pengguna (behavioral intention to use) tidak berpengaruh positif terhadap penggunaan sistem senyatanya (actual system use).

Leave a Reply

Alamat :

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370