HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Efisiensi Penggunan Faktor-Faktor Produksi

Contoh Skripsi Ekonomi ~ Analisa Efisiensi Penggunan Faktor-Faktor Produksi Pada CV. Teknika Jaya, Klaten

Kegiatan Produksi Pipa

Kegiatan Produksi Pipa

Latar Belakang Skripsi :

CV. Teknika Jaya merupakan salah satu perusahaan yang melaksanakan usaha industri  pengecoran logam diantaranya yaitupembuatan pipa-pipa untuk kebutuhan PDAM. Dalam menjalankan usahanya ini perusahaan memperhitungkan efektivitas dan efisiensi dalam penjualan produknya antara lain mutu barang yang dipesan, pengerjaan pemesanan barang yang tepat waktu, pemberian servis dan penetapan haga yang baik.

Untuk dapat mencapai tujuan CV. Teknika Jaya yang mempunyai fungsi dasar merubah input menjadi output perlu mempertimbangkan adanya bahan baku, tenaga kerja, peralatan/mesin dan modal yang memadai yang diubah menjadi output. Faktor-faktor produksi memegang peranan penting karena barang yang diproduksi merupakan hasil pengkombinasian dari faktor-faktor produksi.

 Rumusan Masalah Penelitian 

CV. Teknika Jaya, Klaten dalam perkembangannya berusaha untuk meningkatkan kualitasnya dalam rangka mencapai output produksi yang memuaskan diantaranya dengan menambah jumlah mesin-mesin produksi yang berteknologi mutahir, penggunaan bahan baku yang berkualitas serta sumberdaya manusia yang terampil. Dengan latarbelakang masalah tersebut diatas, maka dapat dirumuskan masalah-masalah sebagai berikut:

1.Seberapa besartingkat efisiensi penggunaan faktor-faktor produksi pada CV Teknika Jaya, Klaten sejak Tahun 2002-2004?

2.Bagaimana kebijakan tingkat efisiensi terhadap penggunaan tingkat tenaga kerja dan mesin pada CV. Teknika Jaya Klaten sejak tahun 2002-2004?

Berbagai Macam Ukuran Diameter Pipa

Berbagai Macam Ukuran Diameter Pipa

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat efisiensi penggunaan faktor-faktor produksi, untuk mengetahui bagaimana kebijakan tingkat efisiensi terhadap penggunaan tingkat tenaga kerja dan mesin pada CV. Teknika Jaya Klaten dan untuk dapat mengetahui keadaan perusahaan utamanya keadaan efisiensi penggunaan faktor-faktor produksi  berdasarkan standar umum dari masing-masing alat analisis pada CV. Teknika Jaya Klaten.

 Kesimpulan 

Berdasarkan dari analisis dalam bab sebelumnya, maka dapat dikesimpulkan beberapa hal sebagai berikut :

1.Penggunaan bahan baku sudah dalam keadaan yang tepat dan efisien.

2.Penggunaan tenaga kerja sudah dalam keadaan yang efisien karena tingkat efisiensi penggunaan tenaga kerja rata-rata perbulan dari tahun 2002-2004 sebesar

3.28 perbulan atau dengan kata lain lebih dari standar 1 atau 100%.

3.Penggunaan mesin masih kurang efisien karena tingkat efisiensi  penggunaan mesin rata-rata perbulan dari tahun 2002-2004 sebesar 0.61 perbulan atau dengan kata lain kurang dari standar 1 atau 100 %, ini berarti kapasitas mesin masih banyak yang menganggur.

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat :

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370