HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Corporate Governance dan Profitabilitas Terhadap Konservatisme Akuntansi

Contoh Skripsi Ekonomi  ~ Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Konservatisme Akuntansi Di Indonesia

Rutinitas Seorang Akuntan

Rutinitas Seorang Akuntan

Latar Belakang Skripsi :

Wardhani (2008) menyatakan bahwa konservatisme akuntansi dalam perusahaan diterapkan dalam tingkatan yang berbeda-beda. Salah satu faktor yang sangat menentukan tingkatan konservatisme dalam pelaporan keuangan suatu perusahaan adalah komitmen manajemen dan pihak internal perusahaan dalam memberikan informasi yang transparan, akurat dan  tidak menyesatkan bagi investornya. Hal tersebut merupakan suatu bagian dari implementasi good corporate governance. Implementasi dari  corporate governance  dilakukan oleh seluruh pihak dalam perusahaan, dengan aktor utamanya adalah manajemen puncak perusahaan yang berwenang untuk menetapkan kebijakan perusahaan dan mengimplementasikan kebijakan tersebut. Salah satu dari kebijakan ini terkait dengan prinsip konservatisme yang digunakan oleh perusahaan dalam melaporkan kondisi keuangannya. Oleh karena itu, karakteristik dari manajemen puncak perusahaan akan mempengaruhi tingkatan konservatisme yang akan digunakan perusahaan dalam menyusun laporan keuangannya.

Lasdi (2008) menyatakan bahwa kontrak utang menggunakan konservatisma dalam dua cara. Pertama, bondholders dapat secara eksplisit menggunakan akuntansi konservatif. Kedua, manajer dapat secara implisit menggunakan akuntansi konservatif secara konsisten dalam rangka membangun reputasi untuk pelaporan keuangan yang konservatif. Profitabilitas digunakan sebagai variabel mengacu pada penelitian Wardhani (2008).

Rumusan Masalah Penelitian :

1.  Apakah kepemilikan  manajerial berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi ?

2.  Apakah kepemilikan institusional berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi ?

3.  Apakah komisaris independen berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi ?

4.  Apakah komite audit berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi ?

5.  Apakah profitabilitas berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi ?

6.  Apakah leverage berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi ?

Kinerja Seorang Akuntan

Kinerja Seorang Akuntan

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh  mekanisme  corporate governance, profitabilitas dan  leverage  terhadap  konservatisme akuntansi di Indonesia.  Corporate governance  dalam penelitian ini diproksikan dengan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen dan komite audit.

Kesimpulan 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mekanisme corporate governance, profitabiltas dan leverage terhadap konservatisme akuntansi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2006-2008.    Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa :

1.  Kepemilikan manajerial berpengaruh  terhadap  konservatisme akuntansi. Hasil penelitian ini mendukung hasil penelitian Ahmed dan Duellman (2007).

2.  Kepemilikan  institusional tidak  berpengaruh terhadap  konservatisme akuntansi. Hasil penelitian ini tidak mendukung hasil penelitian Chi et al (2007).

3.  Komisaris independen tidak  berpengaruh terhadap  konservatisme akuntansi. Hasil penelitian ini tidak mendukung hasil penelitian Ahmed dan Duellman (2007).

4.  Komite audit tidak  berpengaruh terhadap  konservatisme akuntansi. Hasil penelitian ini tidak mendukung hasil penelitian Wardhani (2008).

5.  Profitabilitas  berpengaruh terhadap  konservatisme akuntansi.  Hasil penelitian ini mendukung hasil penelitian Wardhani (2008).

6.  Leverage berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Hasil penelitian ini mendukung hasil penelitian Almilia (2005).

 

 

Leave a Reply

Alamat :

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370