HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Contoh Skripsi -Strategi Pemasaran Asuransi

Contoh Skripsi  Ekonomi ~ Strategi Pemasaran Asuransi Jp-astor Pada  Pt. Jasaraharja Putera Surakarta

Contoh Skripsi -Strategi Pemasaran Asuransi

Contoh Skripsi -Strategi Pemasaran Asuransi

Latar Belakang :

Perusahaan Asuransi PT. Jasaraharja  Putera  Surakarta adalah salah satu Badan Milik Negara (BUMN). Perusahaan tersebut mempunyai berbagai produk asuransi, seperti JP-ASPRI (Asuransi Jiwa), JP-GRAHA (Asuransi Kebakaran), JP-ASTOR (Asuransi Kendaraan Bermotor).  Penulis mengambil salah satu dari produk tersebut yaitu JP-ASTOR. JP-ASTOR adalah asuransi untuk kendaraan bermotor. Kendaraan anda, adalah teman setia yang selalu mengantar kemanapun anda pergi.

Namun saat ini resiko kecelakaan akibat tabrakan, perbuatan jahat orang lain, kebakaran bahkan resiko akibat kendaraan anda menabrak pihak ketiga dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Kurangnya kesadaran pada setiap orang, kadang membuat perusahaan asuransi ini kebingungan bagaimana caranya agar dapat menimbulkan ketertarikan terhadap produk ini. Pada dasarnya asuransi dalam kegiatannya, secara terbuka mengadakan penawaran atau menawarkan suatu perlindungan serta harapan pada masa yang akan datang kepada individu atau kelompok-kelompok dalam masyarakat atau  instansi-instansi lain karena terjadinya suatu peristiwa yang belum pasti.

 

Rumusan Masalah Penelitian 

Berdasarkan latar belakang diatas , maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :

1.  Apa strategi pemasaran yang dilakukan PT. Jasaraharja Putera Surakarta dalam memasarkan produknya?

2.  Seberapa besar pengaruh segmentasi pasar, penetapan pasar sasaran, penempatan produk, dan bauran pemasaran terhadap penjualan asuransi JP-Astor  pada PT. Jasaraharja Putera Surakarta?

 

Tujuan Penelitian

Tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan tugas akhir ini adalah untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang strategi pemasaran dan pengaruh strategi pemasaran terhadap pemasaran asuransi Jasaraharja khususnya JP-ASTOR tersebut.Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan metode interview yaitu mengadakan wawancara langsung dengan staff karyawan pada PT. Jasaraharja Putera dan study pustaka dengan mempelajari literatur dan referensi yang relevan dengan permasalahan strategi pemasaran.

 

Kesimpulan

Dari hasil pembahasan yang diuraikan dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu :

1.  Asuransi JP-Astor adalah asuransi yang digunakan oleh konsumen kendaraan bermotor.

2.  Dalam memasarkan produknya, PT. Jasaraharja Putera kodya Surakarta menerapkan strategi pemasaran STP yang terarah  meliputi  Segmenting, Targeting, Positioning serta pengembangan marketing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan distribusi.

3.  Dampak atau pengaruh strategi STP terhadap pemasaran produk yaitu segmentasi pasar yang dipilih perusahaan terdapat pada daerah perkotaan, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk daerah pedesaan. Target pasar dapat menentukan segmen pasar yang dituju dan mengkonsentrasikan pada penyaluran produk kepada pasar sasaran. Sedangkan untuk penempatan produknya, Pengajuan klaim cepat, Fleksibilitas, kemudahan pengajuan polis, pelayanannya yang cepat dan prima, asuransi yang dapat dipercaya masyarakat mampu memberikan citra yang baik terhadap PT. Jasaraharja Putera kodya Surakarta sehingga mempunyai keunggulan bersaing dengan menawarkan mutuproduk yang berkualitas.

4.  Pengaruh marketing mix terhadap pemasaran produk yaitu produkyang sesuai dengan permintaan konsumen, strategi promosinyamenggunakan  personal selling dan harga yang  ditetapkanmenggunakan metode Cost Plus Pricing serta distribusi langsungyang digunakan oleh perusahaan akan dapat meningkatkan volumepenjualan produk.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat :

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370