HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Contoh Skripsi Ekonomi – Kualitas Laba Perusahaan

Contoh Skripsi Ekonomi ~ Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kualitas Laba

Grafik Laba

Grafik Laba

Latar Belakang Skripsi :

Kualitas laba merupakan salah satu topik yang menarik untuk diteliti dikarenakan laba, seperti yang kita ketahui, digunakan dalam pengambilan keputusan dan mencerminkan kinerja perusahaan. Tentunya, laba yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan adalah laba yang berkualitas baik. Prinsip akuntansi di Indonesia menghendaki agar perusahaan menggunakan dasar akrual dalam pelaporan keuangannya. Sebagaimana seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa kualitas laba menjadi baik jika menggunakan dasar akrual. Hal itu memungkinkan laporan keuangan yang dibuat oleh para manajer dapat direkayasa untuk menghasilkan angka laba yang diharapkan dapat mempengaruhi hasil kontraktual sehingga berdampak pada kualitas laba yang dilaporkan, dan pada akhirnya kredibilitas laporan keuangan patut dipertanyakan.

Pernyataan tersebutlah yang menarik perhatian penulis untuk melakukan penelitian tentang kualitas laba dan ukuran kinerja keuangan yang mempengaruhinya (profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan) secara lebih dalam dan mudah dimengerti.  Profitabilitas diproksikan dengan  Return On Assets  (ROA). ROA membandingkan antara laba bersih dengan total aset perusahaan. Profitabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba  dengam memanfaatkan aset yang dimilikinya. Prediksi mengenai profitabilitas di masa depan penting bagi investor maupun kreditor untuk menilai prospek perusahaan yang akan datang.  Leverage  diproksikan dengan  Debt to Total Asset. DTA membandingkan antara total hutang dengan total aset perusahaan.  Leverage menunjukkan sejauh mana sebuah perusahaan menggunakan hutang dari luar untuk membiayai operasional perusahaan. Ukuran perusahaan diproksikan dengan logaritma total aset. Ukuran perusahaan menunjukkan tingkat kedewasaan dan kestabilan perusahaan.

Salah Satu Perusahaan Besar Di Indonesia

Salah Satu Perusahaan Besar Di Indonesia

perumusan Masalah 

Permasalahan yang hendak dijawab dalam penelitian ini adalah apakah profitabilitas,  leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laba perusahaan.

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas,  leverage, dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laba pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri (miscellaneous  industry) yang terdaftar dalam Bursa  Efek Indonesia pada periode 2007-2010. Berdasarkan teknik purposive sampling yang digunakan dalam penelitian ini, diperoleh sampel sebanyak 109  data selama empat tahun.

Simpulan 

1.  Pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa profitabilitas yang diukur menggunakan Returns On Assets, berpengaruh signifikan negatif terhadap kualitas laba perusahaan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perusahaan yang mempunyai profitabilitas tinggi, maka kualitas labanya akan cenderung rendah. Kondisi tersebut  dapat dikarenakan  laba yang dilaporkan oleh perusahaan bukan merupakan laba yang sesungguhnya, melainkan laba yang telah dimanipulasi, sehingga menyebabkan kualitas laba perusahaan menurun.

2.  Pengujian hipotesis yang kedua, yaitu  leverage yang diukur dengan Debt to Total Asset  berpengaruh signifikan negatif terhadap kualitas laba. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi  leverage perusahaan, maka kualitas laba akan semakin rendah. Tingginya leverage sebuah perusahaan, maka semakin besar kemungkinan perusahaan akan melanggar perjanjian kredit, oleh karena itu perusahaan akan berusaha untuk melaporkan labanya lebih tinggi.  Pada akhirnya akan membuat kualitas laba perusahaan jelek.

3.  Pengujian hipotesis yang ketiga, menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, yang diukur menggunakan logaritma total aset, berpengaruh signifikan positif terhadap kualitas laba. Dapat dikarenakan perusahaan yang berukuran besar mempunyai sistem pengendalian internal  dan auditor yang lebih baik, sehingga kinerja perusahaan  berjalan efektif dibandingkan dengan perusahaan kecil. Selain itu, perusahaan besar lebih banyak mendapat perhatian dari publik, hal tersebut mengurangi kemungkinan manipulasi laba.

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat :

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370