HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Contoh Skripsi – Analisa Dividend Payout Ratio

Contoh Skripsi  Ekonomi  ~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio

Grafik Pertumbuhan Deviden

Grafik Pertumbuhan Deviden

Latar Belakang Skripsi :

Seorang manajer keuangan bertugas mengelola keuangan suatu perusahaan, bagaimana memperoleh sumber dana dan menggunakannya. Dalam menjalankan tugasnya, manajer keuangan akan berhadapan dengan salah satu kebijakan keuangan yaitu kebijakan dividen (dividend policy).

Kebijakan dividen merupakan keputusan  untuk menentukan berapa banyak dividen yang harus dibagikan kepada para pemegang saham. Kebijakan ini bermula dari bagaimana perlakuan manajemen terhadap keuntungan yang diperoleh perusahaan yang pada umumnya sebagian dari penghasilan bersih setelah pajak  (EAT) dibagikan kepada para investor dalam bentuk dividen dan sebagian lagi diinvestasikan kembali ke perusahaan dalam bentuk laba ditahan. Laba sebaiknya tidak dibagikan sebagai dividen seluruhnya dan sebagian harus disisihkan untuk diinvestasikan kembali. Laba ditahan  (retained earning) merupakan salah satu dari sumber dana yang berasal dari modal sendiri dan merupakan modal yang paling penting untuk membiayai pertumbuhan perusahaan.

Rumusan Masalah 

Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini dapat diformulasikan sebagai berikut :

1.  Apakah sales growth berpengaruh terhadap dividend payout ratio?

2.  Apakah earning per share (EPS) berpengaruh terhadap dividend payout ratio?

3.  Apakah  market to book  value  ratio  (MB)  berpengaruh  terhadap dividend payout ratio?

4.  Apakah  debt to equity ratio  (DER)  berpengaruh  terhadap  dividend payout ratio?

5.  Apakah current ratio berpengaruh terhadap dividend payout ratio?

6.  Apakah  return on asset  (ROA) berpengaruh  terhadap dividend payout ratio?

7.  Apakah keseluruhan variabel yang diteliti berpengaruh secara bersama-sama terhadap dividend payout ratio?

Tujuan Penelitian 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi dividend payout ratio yang terdiri dari  sales growth, earning per share, market to book value, debt to equity ratio, current ratio,  dan  return on asset  pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang berfungsi untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian serta untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini.

Simpulan 

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan sebelumnya, maka kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut:

1.  Secara simultan, variabel sales growth, earning per share (EPS), market to book value ratio  (MB),  debt to equity ratio  (DER),  current ratio, dan return on asset  (ROA)  berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dividend payout ratio (DPR).

2.  Secara parsial, variabel  earning per share  (EPS), market to book  value ratio (MB), debt to equity ratio (DER), current ratio, dan return on asset (ROA) mempunyai pengaruh signifikan terhadap  dividend payout ratio (DPR). Sedangkan variabel bebas yang lain, yaitu  sales growth  tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap  dividend payout ratio (DPR).

3.  Nilai Adjusted R Square dalam penelitian ini sebesar 0,146. Hal ini berarti bahwa variabel dividend payout ratio (DPR) dapat dijelaskan oleh variabel sales growth, earning per share (EPS), market to book value ratio (MB), debt to equity ratio (DER), current ratio (CR), dan return on asset (ROA) sebesar 14,6%, sedangkan sisanya sebesar 85,4% dijelaskan oleh variabel lain selain variabel independen yang ada dalam penelitian ini.

Incoming search terms:

Leave a Reply