HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Contoh Skripsi Ekonomi – Alokasi Usaha Tani

Contoh Skripsi Ekonomi ~ Alokasi Efisiensi Usaha Tani Padi Di Wilayah Daerah  Aliran Sungai Bengawan Solo

Contoh Skripsi Ekonomi ~ Alokasi Efisiensi Usaha Tani Padi Di Wilayah Daerah  Aliran Sungai Bengawan Solo

Contoh Skripsi Ekonomi ~ Alokasi Efisiensi Usaha Tani Padi Di Wilayah Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo

Latar Belakang :

Saat ini Indonesia mempunyai kesempatan untuk mempersiapkan kebijakan yang dapat membentuk struktur perekonomian Indonesia di masa depan. Namun, beberapa permasalahan yang dihadapi sektor pertanian di masa ini perlu segera dibenahi, sehingga dapat meneruskan hasil dari kebijakan perekonomian Indonesia yang sudah dibangun puluhan tahun lalu, dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia sampai saat sekarang ini. Dengan kondisi seperti ini, maka perlu adanya inovasi pada pertanian Indonesia. Salah satu inovasi tersebut adalah penggunaan sistem usahatani padi pada pertanian Indonesia. Karena dengan sistem usahatani ini dapat meningkatkan pertanian di Indonesia. Pengembangan teknologi pada usaha tani padi dilakukan dengan meningkatkan penggunaan input modern, seperti pupuk, pestisida, benih unggul, dan penerapan pola tanam tumpang gilir.

Dalam upaya untuk meningkatkan hasil produksi dari usaha tani, kegiatan-kegiatan seperti diversifikasi, ekstensifikasi dan intensifikasi perlu untuk dilanjutkan dan ditingkatkan dengan penyelenggaraan yang makin terpadu dan disesuaikan dengan kondisi tanah, air, iklim, pola tataruang, dan upaya pelestarian lingkungan hidup, pembangunan sektor lain serta kehidupan dan kebutuhan dari masyarakat setempat. Usaha untuk meningkatkan produk pertanian ditempuh dengan cara ekstensifikasi, intensifikasi dan diversifikasi.

 

Perumusan Masalah Penelitian

Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah :

1.  Bagaimanakah skala produksi usaha tani padi di daerah Kecamatan Mojolaban?

2.  Apakah penggunaan input dalam usaha tani padi di daerah Mojolaban sudah efisien secara tekhnis belum?

3.  Apakah penggunaan input dalam usaha tani padi pada daerah Mojolaban sudah efisien secara ekonomis?

 

Tujuan Penelitian 

Studi ini bertujuan untuk  menjelaskan  pengaruh  pengalokasian secara efisiensi terhadap usaha tani ,dan mengetahui pengaruh luasnya lahan terhadap hasil dari usaha tani .

 

Kesimpulan 

Dari  hasil data yang diperoleh dan analisis data tentang usaha tani padi di Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo maka dapat disimpulkan sebagai berikut :

1.  Secara parsial variabel yang berpengaruh sangat signifikan dalam usahatani padi adalah luas lahan yang digunakan oleh petani padi di daerah tersebut.

2.  Dari hasil regresi diperoleh bahwa secara parsial, variabel independen yang terdiri dari luas lahan, bibit, pupuk, pestisida dan tenaga kerja berpengaruh positif terhadap hasil produksi usahatani padi yang terdapat pada Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo.

Incoming search terms:

Leave a Reply