HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pembentukan Cadangan Piutang Tak Tertagih

Contoh Skripsi Ekonomi ~ Alternatif Pembentukan Cadangan Piutang Tak tertagih Pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta

 

Accounts Payable

Accounts Payable

Latar Belakang Skripsi :

Pembentukan cadangan piutang tak tertagih merupakan penghapusan piutang tak tertagih dengan metode cadangan atau sering disebut metode tak langsung. Metode pencadangan adalah metode akuntansi untuk piutang yang tak akan tertagih, dengan menetapkan suatu jumlah yang dicadangkan di muka untuk keperluan itu.

Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis mengkaji tentang bagaimana  prosedur  pengelolaan  piutang  yang tidak tertagih di  RSUD Dr. Moewardi. Untuk itu dalam pembuatan Tugas Akhir ini, penulis memberikan judul  “ALTERNATIF PEMBENTUKAN CADANGAN PIUTANG TAK TERTAGIH PADA RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA”.

 

Perumusan Masalah

Perumusan masalah ini dilakukan untuk melihat perkembangan dan kemampuan RSUD Dr. Moewardi Surakarta mengenai pengelolaan piutang tak tertagih, maka permasalah yang dibahas dalam Tugas Akhir adalah:

1.  Bagaimana prosedur pengelolaan piutang tak tertagih pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta?

2.  Bagaimana perbandingan metode penghapusan piutang tak tertagih dengan metode langsung dan metode cadangan?

 

Tujuan Penelitian 

Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana prosedur piutang tak tertagih dilaksanakan dan mengetahui hasil perbandingan metode yang diteliti .


Kesimpulan

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta adalah  rumah sakit milik propinsi Jawa Tengah yang terletak di daerah Tingkat II Kotamadya Surakarta. Dengan terbitnya PP no. 23 Tahun 2005, rumah sakit pemerintah daerah mengalami perubahan menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Perubahan ini berimbas pada pertanggungjawaban keuangan tidak lagi kepada Departemen Kesehatan tetapi kepada Departemen Keuangan, sehingga harus mengikuti standar akuntansi keuangan yang pengelolaannya mengacu pada prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi, dan efisiensi. Piutang yang tidak tertagih RSUD Dr. Moewardi Surakarta tahun 2008 mengalami kenaikan dari 1% menjadi 3%.

Metode penghapusan piutang yang digunakan RSUD Dr. Moewardi  adalah metode langsung. Dari sudut pandang praktis, metode ini sederhana dan mudah diaplikasikan. Metode penghapusan langsung yang digunakan RSUD Dr. Moewardi secara teoritis memiliki kelemahan karena biasanya menghasilkan piutang yang ditetapkan pada estimasi nilai yang dapat direalisasi di neraca.Daftar umur piutang yang dibuat RSUD Dr. Moewardi  kurang memadai karena  belum ada rincian hari, dan hanya digolongkan dalam duaAlasan.

Leave a Reply

Alamat :

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370