HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Analisis Anteseden Brand Equity Merek Teh Gardoe

Contoh Skripsi Ekonomi ~ Analisis Anteseden Brand Equity Merek Teh Gardoe

Teh Gardoe Produk Asal Solo

Teh Gardoe Produk Asal Solo

Latar Belakang Skripsi :

Kesadaran merek adalah kapasitas potensial yang dimiliki oleh konsumen untuk mengenali atau mengingat nama merk sebagai sebuah penawaran tentang sebuah kategori produk tertentu (Villarejo-Ramos, A.F  et al., 2005)  . Variabel seperti,  distribution intensity menjadi hal penting yang akan mempengaruhi brand awareness. Selain itu ditambah satu variabel yang mempengari  brand awareness yaitu  brand recall (Gomez & Rodriguez, 1996).

Brand image merupakan suatu unsur penting dalam mempersepsikan merek, merek yang memiliki kesan baik di masyarakat akan lebih direspon oleh masyarakat. Brand image juga dibutuhkan untuk memperkenalkan produk tersebut agar dapat menjadi sebuah memori bagi konsumen dalam membentuk suatu persepsi akan sebuah produk (Rajh, E, 2005). Citra merek memberikan dasar untuk mengembangkan strategi komunikasi perusahaan, serta memudahkan pengetahuan tentang produk, hubungan dengan atribut tangible dan intangible yang berbeda dan positioning (Villarejo-Ramos, A.F et al., (2005)

 Perumusan Masalah

Dalam studi ini ada beberapa permasalahan yang dirumuskan :

  1. Apakah distribution intensity berpengaruh terhadap brand awareness?
  2. Apakah brand recall berpengaruh terhadap brand awareness ?
  3. Apakah distribution intensity berpengaruh terhadap brand image?
  4. Apakah store image berpengaruh terhadap brand image ?
  5. Apakah brand awareness berpengaruh terhadap brand image ?
  6. Apakah brand awareness berpengaruh terhadap brand equity ?
  7. Apakah brand image berpengaruh terhadap brand equity ?

Tujuan Penelitian 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh distribution intensity dan  brand recall terhadap  brand awareness, pengaruh distribution  intensity dan  store image terhadap  brand image, pengaruh  brand awareness terhadap  brand image, pengaruh  brand awareness dan  brand image terhadap brand equity. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan cara conveniance sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan yang mengkonsumsi teh merek GARDOE yang diproduksi oleh PT. Gunung SuburKaranganyar sebanyak 157 responden .

Kesimpulan

Dari hasil penelitian mengenai pengaruh  distribution intensity dan brand recall terhadap  brand awareness; dan  brand awareness, store image, dan distribution intensity   terhadap brand image; serta brand awareness dan brand image terhadap brand equity pada konsumen yang mengkonsumsi teh merek GARDOE, berdasarkan dari hasil analisis yang telah dilakukan peneliti pada bab IV dengan menggunakan metode analisis  Structural Equation Modelling (SEM) maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

  1. Hasil analisis menunjukkan bahwa  distribution intensity  berpengaruh positif terhadap  brand awareness. Pengaruh positif tersebut menandakan semakin tinggi pendistribusian produk yang baik dan tepat ke masyarakat memberikan kesadaran responden akan adanya merek teh GARDOE, sebaliknya semakin rendah tingkat pendistribusian produk ke masyarakat dapat mengakibatkan  rendahnya kesadaran konsumen terhadap adanya merek teh GARDOE.
  2. Hasil analisis menunjukkan bahwa  brand recall  berpengaruh positif terhadap  brand awareness. Pengaruh positif tersebut menandakan bahwa adanya  kemampuan responden untuk mengingat produk merek teh GARDOE mengindikasikan bahwa konsumen menyadari adanya produk merek teh tersebut.
  3. Hasil analisis menunjukkan bahwa distribution intensity tidak berpengaruh positif pada  brand image. Tidak terdapatnya pengaruh positif tersebut menandakan bahwa tingkat pendistribusian produk merek teh GARDOE ke masyarakat melalui toko, distributor, ataupun retailer kurang tepat sehingga tidak mempengaruhi citra dari merek teh GARDOE. Karena untuk mempengaruhi pembentukan citra merek yang baik di mata masyarakat, pendistribusian produk harus dilakukan dengan cepat dan tepat sehingga konsumen mudah memperoleh merek produk yang diinginkan pada waktu dan tempat yang berbeda.
  4. Hasil analisis menunjukkan bahwa store image tidak berpengaruh positif terhadap brand image. Tidak adanya pengaruh positif tersebut menandakan bahwa pendistribusian produk melalui toko ataupun retailer yang memiliki citra yang baik belum tentu berdampak pada pembentukan citra merek yang baik pada produk merek teh GARDOE di mata masyarakat. Citra merek dari sebuah produk dapat dipengaruhi oleh persepsi konsumen terhadap citra toko tersebut karena pendistribusian sebuah merek produk melalui toko dengan citra yang baik mengindikasikan bahwa merek tersebut memiliki kualitas yang baik konsumen akan lebih tertarik untuk mengunjungi toko yang memiliki citra baik.
  5. Hasil analisis menunjukkan bahwa brand awareness  berpengaruh positif terhadap brand image. Terdapatnya pengaruh positif tersebut menandakan bahwa adanya kesadaran responden akan adanya merek teh GARDOE  membuat konsumen akan mempersepsikan produk tersebut dalam pembentukan citra mereknya.
  6. Hasil analisis menunjukkan bahwa brand awareness berpengaruh positif terhadap brand  equity. Pengaruh positif tersebut menandakan bahwa dengan adanya kesadaran konsumen akan produk merek teh GARDOE akan mengarah pada peningkatan ekuitas mereknya.
  7. Hasil analisis menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif terhadap brand equity. Pengaruh positif tersebut menandakan bahwa citra merek yang baik merupakan salah satu cara yang membuat konsumen tertarik untuk memilih produk tersebut

Leave a Reply