HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Analisis Anteseden Customer Satisfaction Pada Price Acceptance

Contoh Skripsi Ekonomi  ~ Analisis Anteseden Customer Satisfaction  Pada Price Acceptance  (Studi pada pengguna jasa transportasi penerbangan Lion air).

Jasa Penerbangan Lion Air

Jasa Penerbangan Lion Air

Latar Belakang Skripi :

Loyalitas adalah komitmen mendalam untuk membeli kembali atau berlangganan suatu produk atau jasa secara konsisten dimasa yang akan datang sehingga dapat menyebabkan tindakan perpindahan merek (Oliver 1999,34). Price acceptance dapat didefinisikan sebagai harga maksimum yang siap untuk dibayar pembeli produk dan jasa (Monroe,1990). Penerimaan harga belum memiliki pengaruh yang sama dengan yang lain misalnya konsekuensi dari kepuasan seperti niat pembelian kembali (Anderson dan Sullivan,1993).

Keanekaragaman harga tidak terdefinisikan dalam operasional dalam penerimaan  (Kalyanaram dan little,1994)  referensi level harga dan pengetahuan tentang harga subtansial memepengaruhi penerimaan suatu produk yang diberikan kategori atau layanan (Lichtenstein,1988). Dalam hal kisaran harga yang diterima adalah berbanding lurus  dengan tingkat penerimaan harga.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka rumusan msalah penelitian ini adalah :

  1. Apakah kewajaran harga berpengaruh positif pada kepuasan konsumen?
  2. Apakah kewajaran harga berpengaruh pada loyalitas konsumen?
  3. Apakah kepuasan konsumen berpengaruh positif pada loyalitas konsumen?
  4. Apakah kepuasan konsumen berpengaruh positif pada kewajaran harga?
  5. Apakah loyalitas konsumen berpengaruh positif pada penerimaan harga ?
  6. Apakah kualitas pelayanan berpengaruh positif pada loyalitas konsumen?
  7. Apakah kualitas pelayanan berpengaruh positif pada kepuasan konsumen?
  8. Apakah kepuasan konsumen berpengaruh positif pada kepercayaan?
  9. Apakah kepercayaan berpengaruh positif pada loyalitas konsumen?

Tujuan Penelitian 

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara  Mengetahui pengaruh  price fairness  pada  customer satisfacion,  pengaruh  customer satisfacion  pada  loyalty,  pengaruh  price fairness  pada  loyalty,  pengaruh  customer satisfacion  pada  price acceptance, pengaruh loyalty pada price acceptance, pengaruh service quality pada loyalty,  pengaruh  service quality  pada  customer satisfacion,  pengaruh  customer satisfacion pada trust, pengaruh trust pada loyalty.

Kesimpulan

Dari hasil penelitian mengenai pengaruh  service quality, customer satisfaction, trust, price fairnes, customer loyalty pada price acceptance pada pengguna jasa penerbangan Lion Air di Surakarta dan berdasarkan dari hasil analisis yang telah dilakukan peneliti pada bab IV dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

  1. Hasil analisis menunjukkan bahwa price fairness berpengaruh positif pada customer satisfaction sehingga hipotesis 1 didukung dalam penelitian ini. Pengaruh positif tersebut menandakan semakin tinggi tingkat  customer satisfaction yang dirasakan responden maka akan mengakibatkan tingkat price fairness semakin mudah diterima, sebaliknya semakin rendah tingkat customer satisfaction yang diterima responden akan mengakibatkan price fairness yang susah diterima. Pada maskapai penerbangan Lion Air, konsumen merasakan kepuasan menggunakan jasa penerbangan karena kesesuaian harga dan pelayanan yang diberikan.
  2. Hasil analisis menunjukkan bahwa  customer satisfaction berpengaruh positif pada  customer loyalty, sehingga hipotesis 2 didukung dalam penelitian ini. Pengaruh positif tersebut menandakan semakin tinggi customer satisfaction yang dimiliki responden maka akan mengakibatkan customer loyalty yang tinggi, sebaliknya semakin rendah  customer satisfaction yang dimiliki responden akan mengakibatkan customer loyalty yang rendah. Pada maskapai penerbangan Lion Air, konsumen yang merasa puas akan berkomitmen untuk menggunakan jasa penerbangan Lion Air (loyal).
  3. Hasil analisis menunjukkan bahwa price fairness berpengaruh positif pada customer loyalty, sehingga hipotesis 3 didukung dalam penelitian ini. Pengaruh positif tersebut menandakan semakin tinggi tingkat  price fairness yang dimiliki responden maka akan mengakibatkan  customer loyalty yang tinggi, sebaliknya semakin rendah  price fairness yang dimiliki responden akan mengakibatkan  customer loyalty yang rendah. Pada maskapai penerbangan Lion Air, konsumen yang merasakan kesesuaian harga dengan pelayanan yang diberikan akan berkomitmen untuk menggunakan jasa penerbangan Lion Air (loyal).
  4. Hasil analisis menunjukkan bahwa  customer satisfaction berpengaruh positif pada  price acceptance, sehingga hipotesis 4 didukung dalam penelitian ini. Pengaruh positif tersebut menandakan semakin tinggi customer satisfaction yang dimiliki responden maka akan mengakibatkan price acceptance yang tinggi, sebaliknya semakin rendah  customer satisfaction yang dimiliki responden akan mengakibatkan  price acceptance yang rendah. Pada maskapai penerbangan Lion Air, konsumen yang merasa puas tidak sensitif terhadap harga (memiliki  level of price acceptance yang tinggi).
  5. Hasil analisis menunjukkan bahwa  customer loyalty berpengaruh positif pada price acceptance, sehingga hipotesis 5 didukung dalam penelitian ini. Pengaruh positif tersebut menandakan semakin tinggi  customer loyalty yang dimiliki responden maka akan mengakibatkan price acceptance yang tinggi, sebaliknya semakin rendah  customer loyalty yang dimiliki responden akan mengakibatkan  price acceptance yang rendah. Pada maskapai penerbangan Lion Air, konsumen yang loyal, tidak sensitive terhadap harga (memiliki level of price acceptance yang tinggi). Walaupun telah dilakukan berbagai usaha pemasaran oleh pesaing dan diberikan harga yang lebih murah, maka konsumen yang loyal tidak mudah terpengaruh pada program pemasaran dari pesaing.
  6. Hasil analisis menunjukkan bahwa  service quality berpengaruh positif pada customer loyalty, sehingga hipotesis 6 didukung dalam penelitian ini. Pengaruh positif tersebut menandakan semakin tinggi service quality yang diterima responden maka akan mengakibatkan  customer loyalty yang tinggi, sebaliknya semakin rendah service quality yang diterima responden akan mengakibatkan  customer loyalty yang rendah. Pada maskapai penerbangan Lion Air, konsumen yang menerima kualitas pelayanan yang bagus, akan cenderung loyal kepada perusahaan penerbangan Lion Air.

Incoming search terms:

Leave a Reply