HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

Skripsi Pendidikan Matematika ~ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga. Setiap mahasiswa yang menjalankan proses belajar pastilah menginginkan sebuah prestasi yang baik dalam belajar yang sedang digelutingya, begitu juga mahasiswa Pendidikan Tata Niaga yang menginginkan prestasi yang baik pula. Prestasi itu sering diidentikan dengan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi. Dalam kenyataannya setiap mahasiswa mempunyai tingkat prestasi belajar yang berbeda, prestasi belajar tersebut ditentukan oleh besarnya kemampuan mahasiswa untuk mengelola faktor-faktor belajar dengan baik. meliputi pengelolaan faktor internal, faktor eksternal dan faktor pendekatan belajar yang berpengaruh secara langsung atau tidak langsung terhadap kegiatan belajar mereka.

Faktor Prestasi Belajar

Faktor Prestasi Belajar

 

Faktor internal yakni keadaan/kondisi jasmani dan rohani mahasiswa, faktor internal itu antara lain aspek fisiologis, inteligensi, sikap, minat, bakat, dan motivasi. Faktor eksternal yakni kondisi lingkungan di sekitar siswa, faktor eksternal itu antara lain keluarga, dosen, masyarakat, teman, rumah, kampus, peralatan, dan alam. Faktor pendekatan belajar yakni jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran materi-materi pelajaran.

Berdasarkan data awal yang diperoleh rata-rata IPK mahasiswa Pendidikan Tata Niaga angkatan 2007 pada akhir semester 6 adalah 3,03. Ternyata rata-rata IPK ini masih di bawah rata-rata IPK dari seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2007 yaitu 3,14. Hal demikian juga terjadi pada mahasiswa angkatan 2008. Rata-rata IPK mahasiswa Pendidikan Tata Niaga 2008 pada akhir semester 4 adalah 3,13, nilai rata-rata ini juga masih sedikit di bawah rata-rata IPK dari mahasiswa Pendidikan Ekonomi ankatan 2008 yaitu 3,16.

Berdasarkan gambaran permasalahan yang telah diuraikan di atas maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan mengambil judul : “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Tahun 2011”.

PerumusanMasalah

Berdasarkan pada latar belakang masalah yang dikemukakan di atas, maka perumusan masalah penelitian ini adalah faktor-faktor apa yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Tata Niaga tahun 2011?

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Tata Niaga tahun 2011.

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Tata Niaga angkatan 2007, 2008 dan 2009 yang berjumlah 171 mahasiswa. Jumlah sampel yang diambil adalah sebesar 4 x 26 variabel = 104 responden, karena responden ini dibagi 3 angkatan, maka di bulatkan 105 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor.

Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Tata Niaga tahun 2011 didapatkan kesimpulan bahwa ada 8 faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Tata Niaga. Faktor-faktor itu meliputi  :

  1. faktor pendukung belajar di kampus dan kecerdasan yang mewakili variabel kondisi iklim, cuaca dan suhu; letak kampus; kondisi kampus; kelengkapan peralatan belajar di kampus; dan kecerdasan (inteligensi).
  2. faktor kemauan dan potensi yang mewakili variabel tujuan yang ingin dicapai; kesadaran untuk lebih maju; peluang kerja lulusan Pendidikan Tata Niaga; kemampuan potensial dalam belajar (bakat); dan keinginan yang besar dalam belajar (minat).
  3. faktor dosen yang mewakili variabel dorongan dosen; bimbingan dosen; dan fasilitas dosen.
  4. faktor pendukung belajar dari keluarga dan persaingan belajar antar teman yang mewakili variabel kondisi/ suasana tempat tinggal; persaingan belajar di antara teman; dan kondisi ekonomi keluarga.
  5. faktor Masyarakat yang mewakili kehidupan masyarakat di sekitar mahasiswa dan fasilitas yang ada di masyarakat
  6. faktor pendekatan belajar dan teman bergaul yang mewakili variabel strategi pembelajaran; teman bergaul; dan metode pembelajaran.
  7. faktor kondisi fisiologis dan sikap yang mewakili variabel kondisi panca indra; kondisi kesehatan; dan sikap.
  8. faktor keluarga yang mewakili variabel cara mendidik orang tua dan keharmonisan keluarga.

Dari kedelapan faktor yang paling besar mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Tata Niaga tahun 2011 adalah pendukung belajar di kampus dan kecerdasan mahasiswa dengan percentage of varians sebesar 25,472%.

 

Artikel terkait yang bertemakan Skripsi Pendidikan Matematika dan Tesis Pendidikan Matematika adalah sebagai berikut:

 

Incoming search terms:

Leave a Reply