HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Analisis Brand Awareness Pada Harian Surat Kabar Suara Merdeka

Contoh Skripsi Ekonomi  ~ Analisi Brand Awareness Pada Harian Surat Kabar Suara Merdeka (Studi pada Mahasiswa Diploma III Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta)

Salah Satu Surat Kabar Terbitan Zaman Penjajahan Jepang

Salah Satu Surat Kabar Terbitan Zaman Penjajahan Jepang

Latar Belakang Skripsi :

Merek  pada hakikatnya merupakan janji penjual untuk secara konsisten memberi seperangkat atribut, manfaat, dan pelayanan serta merek terbaik akan memberikan jaminan kualitas (Rangkuti , 2002 : 2). Merek juga memiliki peranan sangat penting, salah satunya adalah menjembatani harapan konsumen pada saat kita menjanjikan sesuatu kepada konsumen, merek yang dibangun dengan penciptaan struktural mental yang berhubungan dengan perusahaan pada ingatan konsumen akan membantu konsumen dalam mengorganisasikan pengetahuanya.

Lebih jauh lagi merek suatu produk bagi perusahaan bisa dianggap suatu asset berharga untuk perusahaan itu sendiri, karena merek yang sudah terkenal dan sukses di ingatan konsumen di dalam pasar mempunyai potensi yang besar untuk mampu menghasilkan keuntungan yang besar bagi perusahaan. Merek dari suatu produk yang sudah terkenal dan prestisius dapat disebut mempunyai brand equity (ekuitas merek) yang cukup kuat. Maka dari itu dengan semakin ketat dan banyaknya persaingan dalam memperebutkan pasar, produk-produk perusahaan harus dituntut untuk mempunyai brand equity agar dapat terus mampu bersaing, merebut dan menguasai pasar. Untuk itulah penting peran brand equity sebagai dasar dan landasan dalam menentukan strategi pemasaran dari suatu produk. Oleh karena itu, pengetahuan akan elemen-elemen  brand equity diperlukan . Menurut  A. Aaker (dalam,  Durianto dkk, 2001 : 4 ), brand equity dapat dikelompokkan menjadi lima kategori yaitu Brand Awareness (kesadaran merek), Brand Association (asosiasi merek), Perceived Quality (persepsi kualitas),  Brand Loyalty (loyalitas merek) ,Other proprietary brand assets (asset-aset merek lainya).

Perumusan Masalah 

Berdasarkan latar belakang di atas maka perumusan masalah sebagai berikut ;

  1. Bagaimana posisi Suara Merdeka pada  brand awareness konsumen ditinjau dari aspek  Top of Mind,Brand Recall,Brand Recognition dan Unwaree of Brand ?

 Tujuan Penelitian 

Penelitian ini memeliki tujuan yaitu ingin mengetahui Bagaimana posisi Suara Merdeka pada  brand awareness konsumen ditinjau dari aspek  Top of Mind,Brand Recall,Brand Recognition dan Unwaree of Brand

Kesimpulan dari Analisis Brand Awareness

Berdasar analisis data yang dilakukan dan juga pembahasan pada bab sebelumnya pada produk surat kabar harian Suara Merdeka terhadap kesadaran merek (brand awareness) konsumennya, maka dari itu dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Sedangkan dari hasil data perhitungan untuk analisis Top of Mind, dapat diketahui dari jawaban sebagian besar para responden bahwa mereka belum menganggap harian Suara  Merdeka sebagai merek terpopuler dan piihan pertama mereka. Dari hal tersebut dapat dibuktikan dengan data yang telah didapatkan bahwa yang menduduki puncak Top of Mind di benak para responden adalah koran Solo Pos dengan prosentase data sebanyak ( 62 % )  dibanding harian Suara Merdeka yang hanya mencapai prosentasi ( 25 % ).
  2. Dari hasil perhitungan analisis elemen brand awareness di atas dapat ditarik kesimpulan bahwasanya harian Suara Merdeka belum menjadi Top of Mind di mata konsumen dengan hanya prosentase ( 25 % ), sedangkan dapat kita ketahui bahwa koran Solo Pos yang menempati posisi Top of Mind ( 62% ), tetapi pada element lain dari brand awareness yaitu brand recall harian Suara Merdeka menempati posisi pertama di benak responden dengan prosentase      ( 30 % ). Dengan menjadi merek yang sering disebut oleh responden setelah mereka menyebut merek yang pertama kali mereka ingat yaitu kebanyakan merek koran Solo Pos.
  3. Untuk elemen lain yaitu  brand recognition   didapatkan data bahwa sebanyak ( 11% ) daei para responden yang harus diingatkan kembali akan keberadaan merek harian Suara Merdeka. Dengan data diatasdapat disimpulkan bahwa koran Suara Merdeka sudah lumayan dikenal oleh sebagian besar responden dengan hanya 11 orang yang harus diingatkan akan keberadaan merek ini.
  4. Pada elemen lainya yaitu  unwaree of brand. Didapatkan data bahwa tidak ada sama sekali responden ang tidak mengenal sama sekali surat kabar Suara Merdeka . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semua responden telah mengenal merek koran Suara Merdeka ini, serta dapat diketahui dari data responden yang telah diisi baha responden kebanyakan mengetahui keberadaan merek surat kabar Suara Merdeka ,lewat media Billboard atau papan reklame dengan prosentase data ( 31% ).

 

Leave a Reply