HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS dan WhatApp), email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Administrasi Peningkatan Efektivitas Dan Efisiensi Gudang

Contoh Skripsi Ekonomi ~ Administrasi Operasional Gudang Dan Peralatan Penanganan Bahan Dalam Rangka Peningkatan Efektivitas Dan Efisiensi Gudang Hasil Produksi Pada  PG. Tasikmadu Karanganyar

Kegiatan Pengawasan Gudang

Kegiatan Pengawasan Gudang

Latar Belakang Tesis :

Di dalam menyelenggarakan kegiatan proses pergudangan  dalam perusahaan yang bersangkutan harus memiliki administrasi operasional gudang yang terstandarisasi. Apabila administrasi operasional gudang dalam perusahaan kurang begitu diperhatikan dan dilakukan dengan terstandarisasi atau tersistem dapat mengakibatkan timbulnya beberapa kerugian-kerugian dikarenakan kurangnya pengendalian dan pengawasan akan bahan atau barang yang keluar dan masuk di gudang. Maka akan sulit memastikan ketepatan berapa bahan atau barang yang dimiliki sekarang dan akan memudahkan kehilangan barang hasil karena kurangnya pengawasan.

Selain itu, peralatan penanganan bahan juga  asset  perusahaan yang digunakan untuk merepresentasikan penanganan  material dengan memakai peralatan dan metode yang benar. Dengan jenis materialnya yang berbeda-beda antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain atau dengan kata lain tidak persis sama tentu peralatan penanganan bahan juga berbeda-beda. Peralatan penanganan bahan pada banyak perusahaan, terkhusus bagian penanganan gudang atau teknologi asesoris gudang menjadikan hal yang harus diperhatikan dalam seleksi lokasi atau tata letak. Sehingga perlu memperhatikan dalam pembuatan banyak keputusan yang saling terkait mengenai rancangan suatu fasilitas sebelumnya. Tata letak suatu lokasi menentukan aliran umum gerakan orang dan bahan didalam fasilitas yang bersangkutan dan memiliki dampak yang penting pada efisiensi pengoperasiannya.

Rumusan Masalah

Sesuai dengan uraian latar belakang diatas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut :

1.  Bagaimana pelaksanaan tugas dan penerapan fungsi gudang pada  PG. Tasikmadu Karanganyar?

2.  Bagaimana administrasi operasional Gudang pada PG. Tasikmadu  Karanganyar?

3.  Bagaimana penggunaan peralatan penanganan bahan atau material handling equipment  berhubungan dengan bahan dan tata letak  pada gudang hasil produksi PG. Tasikmadu Karanganyar?

4.  Apakah administrasi operasional gudang dan peralatan penanganan bahan pada gudang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi gudang hasil produsi pada PG. Tasikmadu Karanganyar?

Tujuan Penelitian 

Penelitian tugas ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui secara langsung proses pergudangan pada gudang hasil produksi PG. Taikmadu Karanganyar, untuk mengetahui segala administrasi yang dilaksanakan pada setiap kegiatan gudang dan implementasi peralatan penunjang untuk mengetahui bagaimana penerapannya dalam kegitan nyatanya, serta mencapai efektifitas dan efisiensi gudang hasil produksi PG. Tasikmadu Karanganyar.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan pada Bab III,maka peneliti menarik kesimpulan sebagai berikut :

1. Tugas dari gudang milik PG. Tasikmadu sudah cukup terlaksana dengan baik oleh para pegawai di gudang yaitu mulai dari penerimaan, penyimpanan, penanganan, hingga sampai pada pengeluaran. Para personil gudang yaitu dari kepala gudang dan kepala mandor dan pegawai lainnya juga mampu berkoordinasi dengan baik kepada setiap bagian diluar gudang mulai dari bagian produksi sampai pemasaran. Gudang hasil produksi milik PG. Tasikmadu Karanganyar dalam keberadaannya berfungsi sebagai tempat singgah sementara (movement) untuk produk barang jadi yang berupa gula dan tetes. Dan juga merupakan gudang jenis gudang barang dagangan umum untuk barang hasil pabrik (general merchandise warehouses for manufactured goods).

2. Semua aktivitas operasional dalam gudang bahan pada gudang hasil produksi milik PG. Tasikmadu telah mampu melaksanakan administrasi terhadap semua aktivitas yang dilakukan.Dokumentasi terhadap aktivitas operasional gudang sebagian besar sudah terstandar menurut ketetapan dengan format surat-surat formulir yang terkomputerisasi yang diperoleh dari ketetapan direksi PTPN.

3. Peralatan Penanganan Bahan atau  material handling equipment pada gudang sudah tepat dalam pertimbangkan memilih teknologi peralatan penaganan bahan dengan memperhatikan karakteristik, tingkat aliran, dan tipe tata letak. Pemilihan alat yang telah tepat itu adalah konveyor. Alat tersebut menjadi sangat membantu para tenaga panggung dalam penataan bahan hasil produksi yaitu gula dan mengurangi biaya dan meningkatkan kemampuan lini gudang hasil produksi PG. Tasikmadu Karanganyar yaitu gudang gula. Teknologi peralatan penanganan bahan ini mampu mengupayakan dalam memaksimalkan penggunaan kapasitas gudang tentunya dengan kombinasi dengan manual handling berupa tenaga panggul yang dimiliki PG. Tasikmadu Karanganyar.  Peralatan penanganan bahan dan pengaturan tata letak pabrik dengan tata letak gudang sudah saling serasi satu sama lain. Melihat keberadaan geografis bangunan gudang hasil produksi milik pabrik PG. Tasikmadu Karanganyar yang sudah dekat dengan tempat bagian pengolahan. Dan kondisi bangunan yang memadai dan cukup luas. Meskipun ada satu gudang hasil produksi gula yang rusak, tapi pihak pabrik sedang melakukan perbaikan padasaat ini dan terjadwal akan selesai sebelum masa giling tiba. Hal ini menerangkan bahwa pengadaan peralatan penanganan bahan bukan merupakan beban biaya yang besar mengingat kegunaannya yang membantu dalam mencapai efektifitas dan efisiensi gudang.

4.  Kedua hal yang saling keterkaitan antara administrasi operasional gudang yang terstandar dan peralatan penanganan bahan yang bertujuan untuk melaksanakan pengelolaan gudang hasil produksi PG. Tasikmadu Karanganyar. Pengelolaan tersebut diharapkan mampu berjalan efektif dan efisien dengan mampu tercapainya  pengawasan persediaan barang jadi tepat jumlah, pengurangan biaya dan waktu dalam gudang hasil produksi PG. Tasikmadu Karanganyar dari biaya simpan yaitu bongkar dan muat, dapat meningkatkan keamanan barang dan memaksimalkan kapasitas gudang. Sehingga diharapkan pencapaian efektivitas dan efisiensi gudang dapat tercapai.

Incoming search terms:

Leave a Reply